Penerapan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis dan Self Confidence peserta didik

Sekartaji, Sadida Fitria (2024) Penerapan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis dan Self Confidence peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (630kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan koneksi matematis dan self confidence menjadi salah satu hal yang perlu dikuasai oleh peserta didik. Namun pada kenyataan di sekolah, peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memecahkan permasalahan koneksi matematis karena kurangnya rasa percaya diri. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan self confidence peserta didik melalui model pembelajaran ARCS. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 72 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VIII C yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan model pembelajaran ARCS pada pelajaran matematika berada pada kategori sangat baik; (2) Peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ARCS lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (3) Self confidence peserta didik secara umum menunjukkan hasil yang positif setelah pembelajaran menggunakan model ARCS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ARCS; Kemampuan Koneksi Matematis; Self Confidence
Subjects: Education
Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Sadida Fitria Sekartaji
Date Deposited: 19 Sep 2024 06:01
Last Modified: 19 Sep 2024 06:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98854

Actions (login required)

View Item View Item