Aini, Elva Nurul (2024) Penerapan metode pembelajaran point counter point untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas 5 MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTRA ISI)
3_daftarisi.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (174kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya suatu permasalahan mengenai rendahnya keterampilan berbicara peserta didik. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan peneliti, bahwa keterampilan berbicara peserta didik di kelas V-B ini hanya 9 orang yang berani untuk berbicara dan mengemukakan pendapatnya. Hal ini terjadi karena dalam proses pembelajaran masi banyak peserta didik yang tidak percaya diri untuk berbicara atau mengemukakan pendapatnya pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterampilan berbicara peserta didik sebelum menggunakan metode pembelajaran Point Counter Point. (2) proses penerapan metode pembelajaran Point Counter Point pada setiap siklusnya. (3) hasil keterampilan berbicara peserta didik setelah menggunakan metode pembelajaran Point Counter Point pada setiap siklus. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus dengan melewati empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada setiap siklusnya terdiri dari dua tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V-B MI Matla’ul Atfal yang berjumlah 24 siswa, yang terdiri dari 10 siswi perempuan dan 14 siswa laki-laki. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes unjuk kerja, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan berbicara peserta didik sebelum diterapkannya metode pembelajaran Point Counter Point masih tergolong rendah dengan memperoleh persentase ketuntasan klasikal 37,5% termasuk dalam kategori sangat kurang. Adapun keterampilan berbicara peserta didik setelah penerapan metode Point Counter Point meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I tindakan I diperoleh nilai rata-rata 63 dengan ketuntasan klasikal 46% termasuk kategori sangat kurang, pada siklus I tindakan II terjadi peningkatan yang memperoleh nilai rata-rata 65 dengan ketuntasan klasikal 54% termasuk kategori kurang, pada siklus II tindakan I adanya peningkatan kembali memperoleh nilai rata-rata 69 dengan ketuntasan klasikal 66% termasuk kategori cukup, dan padasiklus II tindakan II diperoleh nilai rata-rata 77 dengan ketuntasan klasikal 79% termasuk kategori baik. Berdasarkan ketuntasan klasikal secara keseluruhan penelitian ini sudah mencapai ≥70% dari jumlah peserta didik yang mencapai KKM yakni sebesar 79% dengan kategori baik. Dengan demikan menunjukan bahwa keterampilan berbicara peserta didik setelah diterapkannya metode pembelajaran Point Counter Point mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbicara; Metode Pembelajaran Point Counter Point |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Elva Nurul Aini |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 07:10 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98895 |
Actions (login required)
View Item |