Basuki, Sri Lestari (2024) Pengembangan game edukasi arkade berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pemanasan global. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
Abstract
Hasil belajar kognitif peserta didik yang rendah menjadi latar belakang permasalahan penelitian ini. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang kurang interaktif mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Oleh sebab itu dikembangkan game edukasi arkade sebagai media pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan game edukasi arkade, keterlaksanaan pembelajaran, serta peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Penelitian dilakukan pada 30 peserta didik kelas X di SMA Negeri 17 Bandung menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Materi yang digunakan dalam pembelajaran menggunakan game edukasi arkade adalah pemanasan global. Data yang diperoleh dari lembar validasi, lembar observasi dan tes pretest-posttest diolah dan dianalisis untuk menjawab rumusan masalah. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan, kelayakan game edukasi arkade memperoleh persentase 93% dengan interpretasi sangat baik, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan game edukasi arkade materi pemanasan global memperoleh persentase 91% dengan interpretasi sangat baik, serta peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pemanasan global diperolah nilai N-gain 0,6 berkategori sedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | game edukasi; hasil belajar kognitif; dan pemanasan global |
Subjects: | Education Physics Indoor Games of Skill > Electronic Game |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Sri Lestari Basuki |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 02:31 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 02:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98933 |
Actions (login required)
View Item |