Sari, Iis Indah (2024) Media lingkungan dalam pembelajaran agama Islam untuk meningkatkan kesadaran ekologis dan spiritual peserta didik: Penelitian kuantitatif pada siswa kelas XI di SMA Terpadu Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Bab Cover.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstak.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi..pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab 1. .pdf Download (634kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab 2..pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (946kB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab 5..pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
Abstract
Pendidikan yang mengembangkan media pembelajaran yang berwawasan lingkungan untuk meningkatkan kesadaran ekologis dan spiritual perlu untuk dikembangkan untuk membuat peserta didik lebih memahami pentingnya lingkungan dan bersyukur terhadap ciptaan Allah Swt. Pencemaran dilingkungan sekitar dan kurangnya pelestarian alam menyebabkan ekosistem terganggu. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perencanaan media lingkungan, 2) untuk mengetahui pelaksanaan media lingkungan dalam meningkatkan kesadaran ekologis dan spiritual, 3) untuk mengetahui hasil setelah penerapan media lingkungan dalam meningkatkan kesadaran ekologis peserta didik dan 4) untuk mengetahui hasil setelah penerapan media lingkungan dalam pembelajaran agama Islam untuk spiritual peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Dalam desain ini, ada kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberikan perlakuan dalam penelitian ini penerapan media lingkungan, sedangkan untuk kelompok kontrol tetap menggunakan pembelajaran secara konvensional. Dengan demikian, perbedaan antara kedua kelompok terletak pada jenis media pembelajaran yang diterapkan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teori yang dipakai pada penelitian ini yaitu teori ekologis dan spiritual. Teori ekologis yaitu pendekatan yang menekankan pentingnya memahami hubungan antara individu dan lingkungan alam maupun sosial. Sedangkan teori spiritual adalah konsep atau kerangka pemikiran yang berusaha memahami hubungan antara manusia dengan makna hidup, nilai-nilai, dan keagungan Allah Swt. Hasil dari penelitian ini tentang perencanaan media lingkungan ketika diterapkan di lapangan yaitu, perencanaan dan koordinasi dengan guru PAI, pengembangan modul dan media pembelajaran, penyampaian materi dan kegiatan yang akan berlangsung, observasi dan pengumpulan data, diskusi dan refleksi bersama siswa, dan analisis data. Pelaksanaan penerapan media lingkungan dengan menggunakan treatment sebanyak 7 kali pertemuan dengan kelas eksperimen. Kesadaran ekologis peserta didik setelah diterapkan media lingkungan berada pada rentang baik sesuai dengan hasil angket yaitu 4. Spiritual peserta didik setelah diterapkannya media lingkungan berada pada rentan baik sesuai dengan hasil angket yaitu 4. Hal ini menunjukkan bahwa media lingkungan bisa meningkatkan kesadaran ekologis dan spiritual peserta didik sesuai dengan kategori hasil angket berada pada rentan 4 (baik) artinya kesadaran ekologis dan spiritual peserta didik meningkat dengan baik setelah penerapan media lingkungan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media lingkungan; kesadaran; ekologis; spiritual |
Subjects: | Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Islam tentang Agama dan Aliran Lain, Hubungan Islam dengan Agama dan Aliran Lain Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | indah sari Iis |
Date Deposited: | 21 Sep 2024 04:33 |
Last Modified: | 21 Sep 2024 04:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99044 |
Actions (login required)
View Item |