Dian, Mery (2024) Penerapan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic berbantuan Liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi usaha dan energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (424kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan pemecahan pada materi usaha dan energi di kelas eksperimen (X IPA 1) dan kelas kontrol (X IPA 2) SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Keterlaksanaan pembelajaran diukur dengan menggunakan lembar observasi, sementara peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik diamati dari perolehan skor N-gain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran logan avenue problem solving (LAPS)-heuristic berbantuan media liveworksheet dengan persentase 91% kategori sangat baik, sedangkan kelas kontrol menerapkan model discovery learning dengan persentase 81% kategori baik. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik, diamati dari skor N-gain 0,7 (interpretasi sedang) untuk kelas eksperimen dan 0,3 (interpretasi rendah) untuk kelas kontrol. Hasil uji hipotesis untuk mengukur hasil posttest menggunakan Independent Samples T-test dengan hasil probabilitas Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dengan kriteria H_1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan pemecahan masalah; logan avenue problem solving (LAPS)-Heuristic;l iveworksheet;usaha dan energi |
Subjects: | Elementary Education > Science for Elementary Education Biography, Obituary > Education and Research of Biography |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | MERY Dian Dian |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 01:58 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 01:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99104 |
Actions (login required)
View Item |