Penerapan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic berbantuan Liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi usaha dan energi

Dian, Mery (2024) Penerapan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic berbantuan Liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi usaha dan energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan pemecahan pada materi usaha dan energi di kelas eksperimen (X IPA 1) dan kelas kontrol (X IPA 2) SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Keterlaksanaan pembelajaran diukur dengan menggunakan lembar observasi, sementara peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik diamati dari perolehan skor N-gain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran logan avenue problem solving (LAPS)-heuristic berbantuan media liveworksheet dengan persentase 91% kategori sangat baik, sedangkan kelas kontrol menerapkan model discovery learning dengan persentase 81% kategori baik. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik, diamati dari skor N-gain 0,7 (interpretasi sedang) untuk kelas eksperimen dan 0,3 (interpretasi rendah) untuk kelas kontrol. Hasil uji hipotesis untuk mengukur hasil posttest menggunakan Independent Samples T-test dengan hasil probabilitas Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dengan kriteria H_1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan pemecahan masalah; logan avenue problem solving (LAPS)-Heuristic;l iveworksheet;usaha dan energi
Subjects: Elementary Education > Science for Elementary Education
Biography, Obituary > Education and Research of Biography
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: MERY Dian Dian
Date Deposited: 23 Sep 2024 01:58
Last Modified: 23 Sep 2024 01:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99104

Actions (login required)

View Item View Item