Widianti, Meira (2024) Penerapan model Predict-Observe-Explain (POE) berbantuan media chemcollective pada materi larutan penyangga untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (933kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa yang menyebabkan terhambatnya penguasaan materi larutan penyangga. Penelitian ini memanfaatkan media Chemcollective yang membantu mempermudah pemahaman siswa. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja dan menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang dilakukan di SMAN 5 Kota Sukabumi dengan model POE berbantuan media Chemcollective. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experiment dengan model one group pretest posttest design, subjek penelitian ini terdiri dari 37 siswa kelas XII IPA 3 Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa secara keseluruhan mencapai 88% dengan interpretasi sangat baik. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja sangat baik dilihat dari nilai keseluruhannya yaitu 84. Keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0,69 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Rata-rata N-Gain yang diperoleh kelompok tinggi, sedang dan rendah berturut-turut sebesar 0,85 (tinggi), 0,68 (sedang) dan 0,55 (sedang). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model POE berbantuan media Chemcollective pada materi larutan penyangga dapat terlaksana dengan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | POE; Chemcollective; Larutan Penyangga; Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Meira Widianti |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 04:20 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 04:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99111 |
Actions (login required)
View Item |