Penerapan model Predict-Observe-Explain (POE) berbantuan media chemcollective pada materi larutan penyangga untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa

Widianti, Meira (2024) Penerapan model Predict-Observe-Explain (POE) berbantuan media chemcollective pada materi larutan penyangga untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa yang menyebabkan terhambatnya penguasaan materi larutan penyangga. Penelitian ini memanfaatkan media Chemcollective yang membantu mempermudah pemahaman siswa. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja dan menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang dilakukan di SMAN 5 Kota Sukabumi dengan model POE berbantuan media Chemcollective. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experiment dengan model one group pretest posttest design, subjek penelitian ini terdiri dari 37 siswa kelas XII IPA 3 Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa secara keseluruhan mencapai 88% dengan interpretasi sangat baik. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja sangat baik dilihat dari nilai keseluruhannya yaitu 84. Keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0,69 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Rata-rata N-Gain yang diperoleh kelompok tinggi, sedang dan rendah berturut-turut sebesar 0,85 (tinggi), 0,68 (sedang) dan 0,55 (sedang). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model POE berbantuan media Chemcollective pada materi larutan penyangga dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: POE; Chemcollective; Larutan Penyangga; Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Meira Widianti
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:20
Last Modified: 23 Sep 2024 04:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99111

Actions (login required)

View Item View Item