Penerapan model pembelajaran CUPs (Conceptual Understanding Procedures) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi volume di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Cimanggung

Nurwafa, Laila (2024) Penerapan model pembelajaran CUPs (Conceptual Understanding Procedures) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi volume di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Cimanggung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi di Madasah Ibtidaiyah AL-Huda Cimanggung terkait hasil belajar matematika yang masih kurang menjadi latar belakang penelitian ini dilaksanakan. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar sebagian besar siswa pada mata pelajaran matematika yang belum mencapai KKM, terlihat dari hasil wawancara terstruktur bersama wali kelas serta tes objektif pada tahap pra siklus yang memperlihatkan hasil nilai rata-rata siswa sebesar 59,03 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 39% dengan kategori “Kurang Sekali” yang menghasilkan 12 siswa yang dinyatakan tuntas dan 19 siswa dinyatakan tidak tuntasmencapai nilai KKM yang telah ditetapkan. Hal ini disebabkan oleh keterlibatan siswa dalam proses pembalajaran yang pasif, semangat belajar matematika yang kurang, kurangnya konsentrasi dan fokus siswa saat pembelajaran, serta penggunaan model pembelajaran yang masih kurang pada saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar siswa sebelum menerapkan model Pembelajaran CUPs. 2) Proses penerapan model pembelajaran CUPs pada setiap siklusnya. 3) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran CUPs. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan campuran (mix methods), yaitu kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dengan menggunakan statistika deskriptif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran CUPs pada mata pelajaran matematika memperoleh nilai rata-rata 59,03 dengan persentase ketuntasan klasikal 39% dengan kategori kurang sekali. Gambaran proses keterlaksanaan penerapan model pembelaran CUPs memperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I tindakan I yaitu 60%, kemudian meningkat pada siklus I tindakan II yaitu 66%. Adapun pada siklus II tindakan I sebesar 76% dan pada siklus II tindakan II meningkat yaitu 88%. Sedangkan untuk aktivitas belajar guru pada siklus I tindakan I sebesar 70,6% dan pada siklus I tindakan II yaitu 76,5%. Adapun pada siklus II tindakan I sebesar 88,2% dan pada siklus II tindakan II yaitu 95,6%. Hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran CUPs mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76,77 dengan ketuntasan klasikal 68% kategori kurang. Sedangkan pada siklus II mngalami peningkatan yaitu dipeoleh nilai rata-rata 83,23 dengan ketuntasan klasikal 90% kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: CUPs; Hasil Belajar; Matematika
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Laila Nurwafa
Date Deposited: 25 Sep 2024 02:53
Last Modified: 25 Sep 2024 02:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99284

Actions (login required)

View Item View Item