Implementasi upaya guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik: Penelitian di SMK Pasundan 4 Bandung

Ramdhani, M Syahrul (2024) Implementasi upaya guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik: Penelitian di SMK Pasundan 4 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy

Abstract

Perilaku indisipliner yang dilakukan oleh peserta didik perlu diatasi oleh Guru Bimbingan Bimbingan Konseling, sebab itu merupakan salah satu upaya guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Guru BK memiliki peran sentral dalam Upaya meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Meski pada realitanya, perilaku indisipliner peserta didik tidak sepenuhnya hilang, namun berkurang sehingga kedisiplinan peserta didik meningkat. Upayanya mencangkup serangkaian Langkah dan strategi untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif dan mendukung bagi peserta didik, diantaranya; analisis perilaku, pengembangan program, kolaborasi dengan staf dan orang tua, pengawasan dan intervensi serta evaluasi dan pemantauan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program upaya Guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik, proses Upaya guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik serta hasil Upaya guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sehingga penelitian bersifat natural dengan situasi sosial yang memiliki aspek diantaranya; aspek tempat (place), perilaku (actor), dan aktivitas (activity) yang berinteraksi secara sinergis. Konsep bimbingan konseling disini ialah implementasi Upaya konselor dalam memberikan bimbingan yang merupakan proses interaksi antara konselor dengan konseli baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka membantu konseli yang dimaksud disini adalah peserta didik untuk meningkatkan kedisiplinan. Hasil akhir dari pelaksanaan Upaya guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik telah banyak Upaya yang dilakukan dan Upaya tersebut memberikan efek signifikan terhadap penanganan perilaku indisipliner peserta didik di sekolah. Upaya bimbingan yang dilakukan membantu peserta didik dalam meminimalisir serta mencegah Tindakan indisipliner yang berpotensi dilakukan di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Upaya Guru BK; Disiplin
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: M Syahrul Ramdhani
Date Deposited: 25 Sep 2024 02:41
Last Modified: 25 Sep 2024 02:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99302

Actions (login required)

View Item View Item