W.W, Santia Wahidatun (2024) Analisis kesadaran dan pengetahuan halal masyarakat pada produk makanan kemasan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
AB.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
D I.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
1.pdf Download (449kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
2.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
||
Text (BAB III)
3.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
||
Text (BAB IV)
4.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
||
Text (BAB V)
5.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
Abstract
Kehalalan produk makanan merupakan hal yang penting bagi umat Islam wajib hukumnya untuk mengkonsumsi makanan yang halal. Syariat juga telah mengatur pemenuhan kebutuhan konsumsi makanan dalam Al-Qur’an. Saat ini banyak produk makanan kemasan yang beredar dikalangan masyarakat, namun tidak semuanya produk memiliki label halal. Karena mayoritas masyarakat Indonesia menganut agama Islam, dan berkewajiban untuk mengkonsumsi makanan halal. Oleh sebab itu, mengacu pada dua variabel penting mengenai kesadaran halal dan pengetahuan label halal pada produk makanan kemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesadaran halal masyarakat dalam mengkonsumsi produk makanan kemasan dan bagaimana pengetahuan label halal masyarakat pada produk makanan kemasan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis data deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam teknik ini data dapat disajikan dalam bentuk grafik seperti plot atau diagram, adapun data pengumpulannya melalui kuisioner dengan cara menyebarkan melalui media sosial WhatsApp dan Instagram. Selanjutnya dengan dokumentasi, dan observasi. Kerangka pikir dalam penelitian ini merupakan penjelasan atau uraian tentang struktur konsep pemecahan masalah yang telah diidentifikasi atau dirumuskan dalam sebuah penelitian, dan ini sangat mempengaruhi kejelasan serta validitas keseluruhan proses penelitian. Dalam perencanaan penelitian ini peneliti mencoba untuk menjelaskan konsep dan teori yang relevan untuk melihat bagaimana analisis kesadaran dan pengetahuan halal masyarakat pada produk makanan kemasan dan akan diperkuat oleh teori Randholp (2014) dan teori Afifh (2014). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mayoritas masyarakat memiliki pemahaman baik tentang kesadaran halal dan pengetahuan label halal pada produk makanan kemasan, Dimana jumlah masyarakat dengan pemahaman baik pada kesadaran halal sebanyak 295 orang (98%) dari 300 responden, sementara masyarakat dengan pemahaman baik pada pengetahuan label halal hanya sebanyak 225 orang (75%). Dimana pada hasil penelitian ini menunjukan bahwa jumlah masyarakat yang memiliki pemahaman baik terhadap kesadaran halal lebih banyak dari pada masyarakat yang memiliki pengetahuan halal terhadap produk makanan kemasan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesadaran Halal: Pengetahuan Halal; Konsumsi Islam; Label Halal |
Subjects: | Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Santia Wahidatun W.W |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 03:32 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 03:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99313 |
Actions (login required)
View Item |