Pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teacing and learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada kelas XI di SMA 2 Muhammadiyah Majalaya Bandung

Abdurrahman, Cecep (2024) Pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teacing and learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada kelas XI di SMA 2 Muhammadiyah Majalaya Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang belum sesuai dengan harapan dan motivasi belajar siswa di SMA 2 Muhammadiyah Majalaya Bandung masih tergolong rendah. Hal itu disebabkan salah satunya oleh peran guru dalam pembelajaran yang cenderung dominan dengan model pembelajaran konvensional melalui metode ceramah. Untuk itu diperlukan model pembelajaran inovatif dalam meningkatkan motivasi belajar serta hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: (1) Penerapan model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA 2 Muhammadiyah Majalaya; (2) perbedaan motivasi belajar peserta didik dengan model pembelajaran CTL(contextual teaching and learning) di kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XI SMA 2 Muhammadiyah Majalaya (3) Perbedaan hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran CTL(contextual teaching and learning) di kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol dalam Pembelajaran PAI di Kelas XI SMA 2 Muhammadiyah Majalaya Bandung. Landasan teori Model Pembelajaran (CTL) mengacu pada filsafat konstruktifisme yaitu filosofi belajar yang menekankan bahwa belajar tidak hanya menghafal, namun peserta didik harus mengkonstruksikan pengetahuan yang telah mereka miliki. Pada dasarnya pengetahuan tidak dapat dipisah-pisahkan, melainkan pengetahuan tersebut mencerminkan keterampilan yang dapat diterapkan. Pendekatan yang digunakan adalah kuasi eksperimen, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah noniquivalent pretest-postes-only-design. Desain penelitian dengan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas XI MIPA 1 dan kelas kontrol XI MIPA 2 di SMA 2 Muhammadiyah Majalaya. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling, analisis dengan menggunakan SPSS 26. Hasil Penelitian ini menunjukan:(1)Pembelajaran PAI di kelas XI SMA 2 Muhammadiyah Majalaya masih banyak siswa yang kurang termotivasi untuk ikut serta dalam berjalannya proses pembelajaran, salah satunya dikarenakan metode yang digunakan sering menggunakan metode ceramah, diskusi, hafalan, dan tugas menulis materi yang akan disampaikan, sehingga membuat siswa menjadi jenuh dan mudah bosen saat mengikuti pembelajaran. (2) Pembelajaran PAI dengan model CTL yaitu dengan cara: guru membimbing peserta didik mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan kemampuannya (contructivism), memberikan motivasi (inquiry), memberikan kesempatan bertanya tentang hal yang belum dipahami (questioning), membentuk kelompok belajar (learning community) menggunakan media pembelajaran (modelling), melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan (reflection), dan melakukan penilaian terhadap hasil belajar proses kegiatan belajar mengajar tentang beriman kepada hari akhir dengan menggunakan Model Pembelajaran CTL disesuaikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (3) Motivasi Belajar berdasarkan perhitungan nilai pre-angket dan postangket, dari tiap tiap item nilai rata-rata pre-angket motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen deperoleh hasil sebesar 61,06 dan hasil rata-rata pre-test pada kelas kontrol diperoleh hasil sebesar 61,58. Pada hasil rata-rata post-angket kemampuan motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh hasil sebesar 80.24 dan hasil nilai rata-rata post-angket kelas kontrol diperoleh hasil sebesar 76,80 dari kedua kelas tersebut terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik sebanyak 3,44 . (4) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen diperoleh melalui penilaian pre-test dan post-test dari pengisian jawaban pilihan ganda sebanyak 25 soal di kelas eksperimen nilai mean sebesar 55,39 dan pre-test pada kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional diperoleh hasil mean 58,39, menunjukan bahwa hasil belajar pre-test kelas kontrol lebih tinggi dari kelas eksperimen, sedangkan Pada hasil post-test kelas eksperimen diperoleh hasil mean 78,42 dan post-test kelas kontrol diperoleh mean 69,49 menunjukan bahwa hasil belajar post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan perbedaan sebanyak 8,93. Menunjukan bahwa hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model pembelajara ctl; motivasi; hasil belajar; peserta didik; PAI
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cecep Abdu Cecep Abdurrahman
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:54
Last Modified: 26 Sep 2024 02:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99419

Actions (login required)

View Item View Item