Pembelajaran dengan Concept Attainment Model (CAM) berbantuan aplikasi Geogebra dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan Self Esteem siswa

Arinanto, Toni (2024) Pembelajaran dengan Concept Attainment Model (CAM) berbantuan aplikasi Geogebra dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan Self Esteem siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan studi pendahuluan dengan hasilnya bahwa kemampuan pemahaman matematis dan self esteem siswa masih perlu ditingkatkan. Salah satu cara untuk meningkatkannya adalah menerapkan Concept Attainment Model (CAM) berbantuan aplikasi Geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan Concept Attainment Model berbantuan aplikasi Geogebra lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menerima pembelajaran konvensional; (2) mengetahui peningkatan self-esteem siswa sebelum dan sesudah memperoleh pembelajaran CAM. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dan desain penelitian The Nonequivalent Pre-Test PostTest Control Group Design. Sampel terdiri dari 23 siswa kelas eksperimen (VIII B) dan 23 siswa kelas kontrol (VIII C), dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) preningkatan kremampuan premahaman matrematis siswa drengan mrenggunakan prembrelajaran mrelalui Concrept Attainmrent Modrel (CAM) brerbantuan Aplikasi Greogrebra lrebih baik dibandingkan prembrelajaran konvrensional; (2) preningkatan srelf restrerem siswa sresudah mrenggunakan prembrelajaran mrelalui Concrept Attainmrent Modrel (CAM) brerbantuan Aplikasi Greogrebra lrebih baik dibandingkan drengan srebrelum mrenggunakan prembrelajaran mrelalui Concrept Attainmrent Modrel (CAM) brerbantuan Aplikasi Greogrebra

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; concept attainment model (cam); aplikasi geogebra; kemampuan pemahaman matematis; self esteem siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Toni Arinanto
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:28
Last Modified: 26 Sep 2024 03:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99421

Actions (login required)

View Item View Item