Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbantuan Articulate Storyline 3

Wicaksono, Habib Mujahid (2024) Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbantuan Articulate Storyline 3. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan dari sekolah dasar hingga menengah, namun seringkali menghadapi tantangan seperti rendahnya motivasi dan pemahaman konsep siswa, serta kurangnya media pembelajaran yang memadai. Perkembangan teknologi menawarkan solusi dengan menyediakan media pembelajaran interaktif yang lebih menarik dan efektif, seperti Articulate Storyline 3, yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Berdasarkan studi di SMP Al-Kenzie, mayoritas siswa mengalami kesulitan dalam memahami matematika karena terbatasnya media pembelajaran dan pembelajaran yang masih berpusat pada guru, meskipun semua siswa memiliki akses ke Smartphone Android dan lebih suka belajar dengan media yang menarik dan mudah diakses. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Melalui tahapan ini, peneliti berharap media pembelajaran matematika berbantuan Articulate Storyline 3 dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Penelitian pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Articulate Storyline 3 pada siswa kelas VIII SMP Al-Kenzie menunjukkan bahwa media ini dikembangkan dengan model ADDIE dan memiliki validitas 86,5%, kepraktisan 83,6%, serta mendapat respons positif dari siswa sebesar 87,3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Articulate Storyline 3; Model ADDIE; RnD
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computer Science Education
Education, Research
Secondary Education > Secondary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Habib habib Rusli
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:39
Last Modified: 27 Sep 2024 02:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99520

Actions (login required)

View Item View Item