Wicaksono, Habib Mujahid (2024) Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbantuan Articulate Storyline 3. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (255kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan dari sekolah dasar hingga menengah, namun seringkali menghadapi tantangan seperti rendahnya motivasi dan pemahaman konsep siswa, serta kurangnya media pembelajaran yang memadai. Perkembangan teknologi menawarkan solusi dengan menyediakan media pembelajaran interaktif yang lebih menarik dan efektif, seperti Articulate Storyline 3, yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Berdasarkan studi di SMP Al-Kenzie, mayoritas siswa mengalami kesulitan dalam memahami matematika karena terbatasnya media pembelajaran dan pembelajaran yang masih berpusat pada guru, meskipun semua siswa memiliki akses ke Smartphone Android dan lebih suka belajar dengan media yang menarik dan mudah diakses. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Melalui tahapan ini, peneliti berharap media pembelajaran matematika berbantuan Articulate Storyline 3 dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Penelitian pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Articulate Storyline 3 pada siswa kelas VIII SMP Al-Kenzie menunjukkan bahwa media ini dikembangkan dengan model ADDIE dan memiliki validitas 86,5%, kepraktisan 83,6%, serta mendapat respons positif dari siswa sebesar 87,3%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Articulate Storyline 3; Model ADDIE; RnD |
Subjects: | Data Processing, Computer Science > Computer Science Education Education, Research Secondary Education > Secondary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Habib habib Rusli |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 02:39 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 02:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99520 |
Actions (login required)
View Item |