Pengaruh Label Halal, Brand Image, Aksi Boikot terhadap Loyalitas Konsumen Kentucky Fried Chicken (KFC) di Kota Bandung melalui Keputusan Pembelian sebagai variabel Intervening

Rahmawati, Reni (2024) Pengaruh Label Halal, Brand Image, Aksi Boikot terhadap Loyalitas Konsumen Kentucky Fried Chicken (KFC) di Kota Bandung melalui Keputusan Pembelian sebagai variabel Intervening. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Makanan tidak hanya berfungsi sebagai kebutuhan dasar manusia, tetapi juga menjadi cerminan budaya, gaya hidup, dan preferensi konsumen yang terus berkembang. Popularitas makanan cepat saji di perkotaan, termasuk di Kota Bandung, semakin meningkat seiring dengan gaya hidup yang serba cepat. Namun, dalam konteks masyarakat Indonesia, terutama di kalangan muslim, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap produk makanan cepat saji, seperti label halal, citra merek (brand image), dan dinamika sosial seperti aksi boikot. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh label halal, brand imege, dan aksi boikot, keputusan pembelian terhadap loyalitas konsumen Kentucky Fried Chicken (KFC) di Kota Bandung. Kemudian menganalisis pengaruh label halal, brand imege, dan aksi boikot terhadap loyalitas konsumen Kentucky Fried Chicken (KFC) di Kota Bandung melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening. Menurut Stanton label halal adalah descriptive label yang menginformasikan tentang bahan baku yang sesuai dengan standar halal. Menurut Kotler & Keller brand image adalah persepsi konsumen tentang suatu merek sebagai refleksi dari asosiasi yang ada pada pikiran konsumen. Menurut William boikot adalah penolakan untuk terlibat dalam satu transaksi dalam upaya mendapatkan persyaratan yang diinginkan dalam transaksi lain. Menurut Kotler & Amstrong keputusan pembelian adalah pilihan konsumen mengenai preferensi mereka terhadap merek-merek yang tersedia dalam kumpulan pilihan. Terakhir, menurut Griffin loyalitas konsumen adalah perilaku pembelian yang konsisten dan berkelanjutan dalam jangka waktu yang lama, yang dilakukan oleh unit-unit pengambil keputusan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang melibatkan 100 responden. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kuisioner atau metode angket melalui google form. Teknik analisis dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis jalur (path analysis), uji koefisien determinasi yang mana data diolah menggunakan SPSS 25. Penelitian ini menyimpulkan bahwa nilai uji t label halal mempunyai nilai thitung 1,902 < ttabel 1,96 dan nilai signifikansinya sebesar 0,06 > 0,05. Brand image thitung 2,77 > ttabel1,96 dan nilai signifikansinya 0,007 < 0,05. Aksi boikot thitung 2,222 > ttabel 1,96 dan nilai signifikansinya 0,029 < 0,05. Keputusan pembelian thitung thitung 3,905 > 1,96 dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. Pengaruh tidak langsung label halal terhadap loyalitas konsumen 0,087, pengaruh tidak langsung brand image terhadap loyalitas konsumen 0,244, pengaruh tidak langsung aksi boikot terhadap loyalitas konsumen 0,191.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Label halal; Brand Image; Aksi Boikot; Keputusan Pembelian; Loyalitas Konsumen;
Subjects: Islam > Islam and Economics
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Reni Rahmawati
Date Deposited: 30 Sep 2024 06:28
Last Modified: 30 Sep 2024 06:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99666

Actions (login required)

View Item View Item