Hidayanti, Resti (2024) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Word Square terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap siswa kelas X di SMK Muhamadiyah 2 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (659kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait model pembelajaran yang kurang efektif dalam mendorong kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang ditemukan oleh peneliti pada saat melakukan studi pendahuluan di SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif learning tipe word square untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Bandung. Tujuan penelitian ini antara lain : (1) Untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe word square pada pembelajaran PAI di kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Bandung; (2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Bandung sebelum dan setelah penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe word square pada mata pelajaran PAI; dan (3) Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran kooperatif learning tipe word square terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Bandung. Penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe word square. Adapun hipotesis pada penelitian ini ialah ”Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Word Square dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa” Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses penerapan model kooperatif learning tipe word square dalam pembelajaran PAI di kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Bandung berjalan dengan baik sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah direncanakan dengan skor observasi aktivitas guru dan siswa pada pertemuan pertama yakni 85,42 dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua yakni 95,83 (2) Kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model kooperatif learning tipe word square dapat dilihat melalui uji paired sample t-test dengan skor awal pada masing-masing kelas eksperimen dan kontrol sebesar 46,75 dan 55, 9 kemudian mengalami peningkatan menjadi 75,5 pada kelas eksperimen dan 70,25 pada kelas control (3) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PAI di kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung setelah diterapkan model kooperatif learning tipe word square berpengaruh positif dan efektif. dengan hasil akhir N-Gain pretest dan posttest pada kelas eksperimen sebesar 0,57 yang diinterpretasikan sebagai kategori sedang, jauh lebih baik jika dibandingkan dengan hasil akhir N-Gain pretest dan posttest pada kelas kontrol sebesar 0,28 yang diinterpretasikan sebagai kategori rendah. Hasil uji hipotesis pada uji independent sample t-test menunjukkan nilai sig. 0,038 < 0,05 atau H₀ ditolak. Artinya, Hipotesis yang diajukan diterima karena terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah penggunaan model kooperatif learning tipe word square.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Cooperative Learning; Word Square; Berpikir Kritis |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hidayanti Resti |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 02:18 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99896 |
Actions (login required)
View Item |