Dyanwari, Muhammad Rizki (2024) Penggunaan metode Jigsaw melalui media Visual untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian terhadap siswa kelas VII MTs Al Huda Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (308kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VII MTs Al Huda Kota Bekasi, guru sebagai penentu dalam kelas dituntut untuk aktif dan kreatif agar dapat mengembangkan kemampuan serta potensi yang ada dalam diri siswa untuk menjadikan siswa sebagai manusia yang terampil dan cerdas, namun sampai saat ini masih banyak sekolah yang rata-rata siswanya tiap kelas 40 siswa, tentu ini sulit bagi seorang guru untuk memberikan layanan yang maksimal kepada setiap siswa. Ada, adanya metode Jigsaw melalui media visual dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan metode Jigsaw melalui media visual pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII Mts Al Huda Bekasi. 2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di kelas VII MTs Al Huda Kota Bekasi sebelum dan sesudah menggunakan metode Jigsaw melalui media visual. 3) Sejauh mana peningkatan penggunaan metode Jigsaw melalui media visual terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII MTs Al Huda Kota Bekasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan metode quasi eksperimen dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya adalah uji validitas, reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, paired sample t-test, uji homogenitas, independent sample t-test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menjelaskan: 1) Penggunaan metode Jigsaw melalui media visual Sebelum penerapan metode ini, banyak peserta didik yang kurang memperhatikan pelajaran. 2) Minat Belajar Siswa MTs Al Huda Kota Bekasi sebelum menggunakan Metode Jigsaw melalui Media Visual yaitu dapat dilihat pada uji paired t-test skor awal untuk minat belajar baik itu kelas Kontrol atau Eksperimen masing-masing adalah sebesar 65,46 dan 81,48. 3) Sejauh mana peningkatan Metode Jigsaw melalui Media Visual terhadap peningkatan Minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di kelas VII MTs Al Huda Kota Bekasi. Setelah menggunaan Metode Jigsaw Melalui Media Visual mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan penghitungan menggunakan uji independent sample t-test dapat dipahami bahwa, skor untuk kelas eksperimen setelah menggunakan Metode Jigsaw melalui Media Visual adalah sebesar 81,48.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jigsaw; Media Visual; Minat Belajar Siswa |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Rizki Dyanwari |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 01:21 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 01:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100410 |
Actions (login required)
View Item |