Penggunaan metode Jigsaw melalui media Visual untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian terhadap siswa kelas VII MTs Al Huda Kota Bekasi

Dyanwari, Muhammad Rizki (2024) Penggunaan metode Jigsaw melalui media Visual untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian terhadap siswa kelas VII MTs Al Huda Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VII MTs Al Huda Kota Bekasi, guru sebagai penentu dalam kelas dituntut untuk aktif dan kreatif agar dapat mengembangkan kemampuan serta potensi yang ada dalam diri siswa untuk menjadikan siswa sebagai manusia yang terampil dan cerdas, namun sampai saat ini masih banyak sekolah yang rata-rata siswanya tiap kelas 40 siswa, tentu ini sulit bagi seorang guru untuk memberikan layanan yang maksimal kepada setiap siswa. Ada, adanya metode Jigsaw melalui media visual dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan metode Jigsaw melalui media visual pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII Mts Al Huda Bekasi. 2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di kelas VII MTs Al Huda Kota Bekasi sebelum dan sesudah menggunakan metode Jigsaw melalui media visual. 3) Sejauh mana peningkatan penggunaan metode Jigsaw melalui media visual terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII MTs Al Huda Kota Bekasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan metode quasi eksperimen dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya adalah uji validitas, reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, paired sample t-test, uji homogenitas, independent sample t-test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menjelaskan: 1) Penggunaan metode Jigsaw melalui media visual Sebelum penerapan metode ini, banyak peserta didik yang kurang memperhatikan pelajaran. 2) Minat Belajar Siswa MTs Al Huda Kota Bekasi sebelum menggunakan Metode Jigsaw melalui Media Visual yaitu dapat dilihat pada uji paired t-test skor awal untuk minat belajar baik itu kelas Kontrol atau Eksperimen masing-masing adalah sebesar 65,46 dan 81,48. 3) Sejauh mana peningkatan Metode Jigsaw melalui Media Visual terhadap peningkatan Minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di kelas VII MTs Al Huda Kota Bekasi. Setelah menggunaan Metode Jigsaw Melalui Media Visual mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan penghitungan menggunakan uji independent sample t-test dapat dipahami bahwa, skor untuk kelas eksperimen setelah menggunakan Metode Jigsaw melalui Media Visual adalah sebesar 81,48.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw; Media Visual; Minat Belajar Siswa
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Rizki Dyanwari
Date Deposited: 16 Oct 2024 01:21
Last Modified: 16 Oct 2024 01:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100410

Actions (login required)

View Item View Item