Damayanti, Ismi Febri (2024) Pengembangan E-Modul berbasis Kvisoft Flipbook Maker untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (320kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran fisika adalah keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini memaparkan tentang pengembangan e-module berbasis kvisoft flipbook maker untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi usaha dan energi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan e-module berbasis kvisoft flipbook maker, keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan keterampilan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model ADDIE dan pada tahap implementasi produk menggunakan metode pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X SMAN 1 Cibuaya yang berjumlah 25 orang. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa (1) e-module berbasis kvisoft flipbook maker mendapatkan persentase 90% dikategorikan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi usaha dan energi, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-module berbasis kvisoft flipbook maker memperoleh persentase rata-rata sebesar 90% dengan penafsiran keterlaksanaan baik, dan (3) Terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah menggunakan e-module berbasis kvisoft flipbook maker pada materi usaha dan energi dengan nilai N-gain sebesar 0,78 dengan penafsiran tinggi. Selanjutnya, Hasil uji hipotesis menunjukan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif peserta didik sebelum dan setelah menggunakan e-module berbasis kvisoft flipbook maker pada materi usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-module berbasis kvisoft flipbook maker; keterampilan berpikir kreatif; usaha dan energi |
Subjects: | Science and Religion Education > Research and Statistical Methods Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Febri Damayanti Ismi |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 03:55 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 03:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101373 |
Actions (login required)
View Item |