Dharmawan, Herryanto (2024) Implemetasi Kurikukulum Merdeka belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar di Kecamatan Rancasari. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
5-bab2.pdf Download (609kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
Abstract
Penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI diharapkan dapat mewujudkan pendidikan berkualiatas, efektif, efesien dan kekinian. Munculnya reformasi pendidikan tersebut, terutama dalam pendidikan agama Islam di sekolah dasar dapat meningkatkan kembali mutu belajar dan pembentukan karakter peserta didik melalui pendidikan agama Islam. Diantarnya penulis meneliti implementasi kurikulum merdeka pada sekolah dasar di Kecamata Rancasari. Adapaun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskiripsikan mendeskripsikan desain implementasi kurikukulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam pada sekolah dasar se-kecamatan Rancasari, mendeskripsikan kegiatan kurikukulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar di kecamatan Rancasari, mengindetifikasi faktor pendukung dan penghambat kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI di kecamatan Rancasari dan menganalisis perbedaan kurikulum merdeka dan kurikulum 2013 belajar pada mata pelajaran PAI di kecamatan Rancasari. Metode penelitian yang di gunakan dalam tesis ini adalah kualitatif deskriptif dan pendekatan kualitatif dan kepustakaan (library research, dan jenis penelitinya deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulannya data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini ialah, Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah kurikulum, Guru Pendidikan Agama Silam dan peserta didik Kelas 4 SDIT Al-Fitrah, SDN 222 Pasir Pogor dan SDN 087 Rancabolang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa desain kurikulum merdeka belajaran di ketiga sekolah tersebut mengfokuskan 1) Desain pembelajaran yang melatih tanggung jawab, pembelajaran diferesiasi dan modifikasi dari kurikulum 2013.2) Pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka dengan memadukan P5 dengan PRRFA( Profil Pelajar Rahmatan Alamin), penerapan model PBL(Problem Basic Learning) dan pengembangan metode pembelajaran. 3) Faktor Pendukunnya yaitu modul ajar yang terintegritas dengan visi dan misi sekolah, terdapat guru PAI yang terdapat guru penggerak dan memanfaatkan aplikasi PMM (Platform Meredeka Mengajar), adapun faktor penghambatnya literasi siswa yang kurang, pengurangan jam mata pelajaran PAI dan kurangnya fasilitas IT, 4) Perbedaan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka yaitu pembentukan karakter, perbedaan materi dari 2013 dan pelaporan hasil evaluasi setelah pembelajaran. Hasil implementasi kurikulum merdeka belajar di ketiga sekolah tersebut dapat sebagai inovasi bagi sekolah lain dalam penerapan kurikulum merdeka dan menjadi pembandigan sekolah untuk selalu meningkatkan kualitas kurikulum merdeka.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kurikulum Merdeka; mata pelajaran PAI; Pengembangan kurikul |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Education and Research of Literatures |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Herryanto Dharmawam |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 04:03 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 04:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101863 |
Actions (login required)
View Item |