Pengaruh model Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati

Fadila, Dinda (2025) Pengaruh model Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
1202060020_ PENDIDIKAN BIOLOGI-99-242.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Berpikir kritis menjadi salah satu tantangan yang dihadapi oleh guru. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari berkurangnya minat dan motivasi belajar siswa, yang pada akhirnya berdampak pada penurunan prestasi akademik. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas pembelajaran guru dan siswa adalah 93,61% dengan kriteria sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan model ARCS adalah N-Gain sebesar 0,68 dengan kategori sedang, sementara pada kelas tanpa model ARCS memperoleh N-Gain sebesar 0,47 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa model Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) memiliki pengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Sedangkan effect size memperoleh nilai sebesar 0,55 dengan kategori sedang. Respon siswa terhadap model Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) adalah 87,72% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis; Keanekaragaman Hayati; Model Pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Ecology
Plants, Botany
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Fadila Dinda
Date Deposited: 23 Jan 2025 08:09
Last Modified: 23 Jan 2025 08:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103753

Actions (login required)

View Item View Item