Fadila, Dinda (2025) Pengaruh model Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (265kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka (2).pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1202060020_ PENDIDIKAN BIOLOGI-99-242.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Berpikir kritis menjadi salah satu tantangan yang dihadapi oleh guru. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari berkurangnya minat dan motivasi belajar siswa, yang pada akhirnya berdampak pada penurunan prestasi akademik. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas pembelajaran guru dan siswa adalah 93,61% dengan kriteria sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan model ARCS adalah N-Gain sebesar 0,68 dengan kategori sedang, sementara pada kelas tanpa model ARCS memperoleh N-Gain sebesar 0,47 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa model Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) memiliki pengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Sedangkan effect size memperoleh nilai sebesar 0,55 dengan kategori sedang. Respon siswa terhadap model Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) adalah 87,72% dengan kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis; Keanekaragaman Hayati; Model Pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Ecology Plants, Botany |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Fadila Dinda |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 08:09 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 08:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103753 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |