Pengaruh pengetahuan investasi, Perceived Ease Of Use, motivasi investasi, modal investasi minimal dan return investasi terhadap keputusan berinvestasi di pasar modal T: Studi dana pada konsumen reksadana syari’ah melalui aplikasi Bibit

Nadira, Reka (2024) Pengaruh pengetahuan investasi, Perceived Ease Of Use, motivasi investasi, modal investasi minimal dan return investasi terhadap keputusan berinvestasi di pasar modal T: Studi dana pada konsumen reksadana syari’ah melalui aplikasi Bibit. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran (30).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan perekonomian dan teknologi telah memberikan banyak kemudahan bagi dunia usaha. Salah satu nya dalam peningkatan minat berinvestasi dikalangan masyarakat, khususnya di pasar modal. Pasar modal di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir, namun masih terdapat sebagian konsumen yang belum memahami bagaimana cara untuk berinvestasi di pasar modal. Oleh karena itu, penting bagi konsumen untuk memiliki pengetahuan yang memadai dalam berinvestasi agar dapat mengambil keputusan yang tepat. Selain itu, dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang sudah ada saat ini, investasi semakin mudah untuk digunakan oleh masyarakat. Namun, masih terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan masyarakat dalam berinvestasi seperti motivasi investasi, modal investasi minimal dan return investasi. Pengetahuan investasi dapat mempengaruhi keputusan berinvestasi karena konsumen yang memiliki pengetahuan yang memadai dalam berinvestasi akan lebih percaya diri dalam mengambil keputusan untuk berinvestasi. Selain itu, pengetahuan investasi juga dapat membantu konsumen dalam memilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang diinginkan. Sementara return investasi juga menjadi salah satu faktor penting dalam keputusan berinvestasi karena konsumen tentu ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal dari investasi yang mereka lakukan. Return investasi dapat diukur dari investasi yang dilakukan telah mengalami keuntungan atau tidak dan seberapa besar keuntungan yang dihasilkan. Metodologi yang digunakan dalam pendekatan ini adalah pendekatam kuantitatif dengan analisis regresi. Pendekatan kuantitatif digunakan karena pada penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh dari dan pengetahuan investasi, perceived ease of use, motivasi investasi, modal nvestasi minimal, return investasi terhadap keputusan berinvestasi. Analisis regresi digunakan untuk menguji pengetahuan investasi, perceived ease of use, motivasi investasi, modal nvestasi minimal, return investasi terhadap keputusan berinvestasi dengan mengukur seberapa besar perubahan dalam variabel dependen yaitu keputusan berinvestasi yang disebabkan oleh perubahan dalam variabel independen yaitu pengetahuan investasi dan return investasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari konsumen reksadana syariah melalui aplikasi bibit, yang mencakup informasi mengenai demografi konsumen, pengetahuan investasi, perceived ease of use, motivasi investasi, modal nvestasi minimal, return investasi dan keputusan berinvestasi. Data ini dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada konsumen. Variabel pengetahuan investasi dan return investasi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan berinvestasi, dimana variabel pengetahuan investasi memiliki koefisien regresi sebesar 0,342 dengan nilai signifikan p=0,000 yang menunjukkan bahwa pengetahuan investasi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan berinvestasi. Sedangkan pada variabel return investasi memiliki koefisien regresi sebesar 0,342 dengan nilai signifikan p=0,001 yang menunjukkan bahwa return investasi juga memiliki pengaruh positif terhadap keputusan berinvestasi. Sedangkan pada variabel perceived ease of use, motivasi investasi dan modal investasi minimal tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap keputusan berinvestasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pasar Modal, Keputusan Berinvestasi; Pengetahuan Investasi; Perceived Ease Of Use; Motivasi Investasi, Modal Investasi Minimal dan Return Investasi
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Nadira Reka
Date Deposited: 06 Feb 2025 04:22
Last Modified: 06 Feb 2025 04:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104105

Actions (login required)

View Item View Item