Penerapan Metode Card Sort dalam meningkatkan kemampuan Siswa Madrasah Ibtidaiyah dalam menyusun kalimat pada pembelajaran bahasa Arab: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Permata bangsa

Wasilah, Yiyis (2023) Penerapan Metode Card Sort dalam meningkatkan kemampuan Siswa Madrasah Ibtidaiyah dalam menyusun kalimat pada pembelajaran bahasa Arab: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Permata bangsa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
CamScanner 23-04-2025 12.30 (2).pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Arab yang kurang diminati oleh banyak siswa. Sehingga hal ini berpengaruh pada hasil belajar yang kurang maksimal. Oleh karena itu, sangatlah penting diterapkan metode yang mampu menjadikan pembelajaran membuat kalimat yang menyenangkan dan memberikan ruang agar siswa yang lebih aktif dari pada gurunya. Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyusun kalimat Bahasa Arab kelas IV MI Permata Bangsa Komplek Bumi harapan Kabupaten Bandung sebelum, setelah diterapkan pendekatan pembelajaran card sort saat proses belajar mengajar berlangsung. Serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa setelah diterapkannya metode card sort Metode card sort merupakan strategi pembelajaran, yang masing-masing dari peserta didik mendapatkan kartu indeks yang berisi informasi tentang materi pelajaran biasanya dimulai dengan memberikan pertanyaan tertutup dengan kartu kepada setiap siswa menggunakan konsep dan .karakteristik tertentu untuk "mengaktifkan setiap anggota Individu dan Kelompok. Dengan guru meminta kepada setiap siswa untuk mencari pasangan diantara temannya yang mempunyai kartu dengan kategori yang sama. Dan tentunya akan menjadikan peluang bagi siswa untuk lebih mengeksplor dalam penyusunan kata menjadi kalimat sederhana pada pembelajaran Bahasa arab. Metode penelitian yaitu menggunakan metode PTK (Praktik Penelitian Tindakan Kelas), dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi aktivitas guru dan siswa dan teknik dokumentasi. Objek penelitian ini adalah 25 orang siswa kelas IV MI Permata Bangsa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum digunakannya metode card sort hasil tes siswa menunjukan angka rata-rata nilai sebesar 36,2 dengan presentase ketuntasan klasikal 8%. Kemudian, setelah diterapkannya metode card sort pada siklus I dan II dengan masing-masing berjumlah empat pertemuan memberikan dampak peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Arab. Hasil belajar siswa pada siklus I meningkat dari pra-siklus yaitu terdapat 15 (60%) siswa tuntas dalam belajar dan 10 (40%) siswa belum tuntas belajar. Selanjutnya, siklus ke II diperoleh hasil 23 (92%) siswa tuntas belajar dan 2 (8%) siswa belum tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Card Sort; Kemampuan Siswa; Bahasa Arab
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yiyis Wasilah
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:22
Last Modified: 23 Apr 2025 07:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106594

Actions (login required)

View Item View Item