Nulloh, Anwar Ridwan (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab: Studi kasus di MAN 1 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (703kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (373kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia, terkadang masih ditemukan di beberapa madrasah yang belum terlihat jelas orientasinya. Pelaksanaan kurikulum di madrasah tentunya harus sesuai dengan kurikulum yang telah disusun oleh pemerintah. Kurikulum yang saat ini sedang dilaksanakan di berbagai sekolah menjadi sebuah hal baru baik bagi para pendidik dan peserta didik adalah Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka memiliki karakteristik tersendiri dengan menyesuaikan perkembangan zaman modern. Sangat disayangkan apabila terjadi kesenjangan antara kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah dengan kondisi dilapangan. Maka dibutuhkanlah penelitian terkait implementasi kurikulum pembelajaran sebagai langkah untuk meminimalisir kesenjangan dan memunculkan hal baru. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan Kurikulum Merdeka di MAN 1 Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara perencanaan guru bahasa Arab dalam mempersiapkan pembelajaran adalah menyusun program tahunan (Prota), program semester (Promes) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Dasar atau pedoman yang digunakan oleh guru bahasa Arab dalam merencanakan dan melaksanakan pengajaran adalah merujuk pada KMA nomor 347 tahun 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di sekolah dan KMA terbaru nomor 450 tahun 2024 serta Keputusan Direktur Jenderal nomor 3302 tahun 2024 tentang Hasil Belajar Pendidikan Islam dan Bahasa Arab di sekolah. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab berdasarkan kurikulum merdeka di MAN Negeri 1 Bandung menggabungkan tiga aspek, yaitu: konten pengetahuan, teknologi, dan komunikasi. Sedangkan penilaian yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab mencakup 5 jenis, yaitu penilaian diagnostik, penilaian formatif, penilaian sumatif, observasi, dan penilaian antar teman.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab; Implementasi Kurikulum; Kurikulum Merdeka |
Subjects: | Arabic Curricula Education, Research of Language, Related Topics of Language |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Anwar Ridwan Nulloh |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 02:35 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |