penerapan model cooperative learning tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Qur'an Hadits pokok bahasan Q.S Al-Qariah : Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas III MI Naelushibyan Kabupaten Bandung

Anisa, Imas Siti (2017) penerapan model cooperative learning tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Qur'an Hadits pokok bahasan Q.S Al-Qariah : Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas III MI Naelushibyan Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (765kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi di kelas III MI Naelushibyan Kabupaten Bandung, yaitu masih adanya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM, khususnya pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Hal ini disebabkan karena guru dalam proses pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan yang terjadi yaitu dengan menerapkan model cooperative learning tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: Hasil belajar mata pelajaran Qur’an Hadits siswa kelas 3 sebelum penerapan model Cooperative Learning tipe Make a Match, penerapan model Cooperative Learning tipe Make a Match pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas 3, hasil belajar siswa setelah penerapan model Cooperative Learning tipe Make a Match pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Model cooperative learning tipe make a match merupakan model pembelajaran kooperatif yang bertujuan agar siswa dapat saling bekerja sama, bertanggung jawab, saling membantu memecahkan masalah, dan saling mendorong satu sama lain untuk berprestasi, serta dapat meningkatkan hasil belajar dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap secara berulang yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini ini yaitu silabus, RPP, lembar observasi, dan lembar evaluasi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh: 1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model cooperative learning tipe make a match sebesar 55 dan belum memenuhi KKM. 2) Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada setiap tindakan nya mengalami peningkatan, yaitu pada siklus 1 tindakan ke-1 65 %, tindakan ke-2 80 %. Siklus 2 tindakan ke-1 90 %, tindakan ke- 100 %. Begitu pun persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus 1 tindakan ke-1 33 %, tindakan ke-2 66 %. Siklus 2 tindakan ke-1 73 %, tindakan ke-2 100 %. 3) Nilai rata-rata seluruh siswa setelah diterapkan model model cooperative learning tipe make a match megalami peningkatan, yaitu Pada siklus 1 tindakan ke-1 sebesar 60, tindakan ke-2 sebesar 71. Siklus 2 tindakan ke-1 sebesar 81, tindakan ke-2 sebesar 89 %. Berdasarkan pada persentase hasil belajar siswa di atas, dapat dikatakan bahwa penerapan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Naelushibyan pada mata pelajaran Qur’an Hadits pokok bahasan Q.S Al-Qariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Make a Match, Hasil Belajar
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imas Siti Anisa
Date Deposited: 05 Jul 2018 08:33
Last Modified: 05 Jul 2018 08:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10742

Actions (login required)

View Item View Item