Albandaniji, Dhany Muharom (2025) Pengaruh kegiatan Muhadatsah Shobahiyah terhadap keterampilan berbicara. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
Cover Dhany.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text (Abstract)
Abstract Dhny.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
Form-Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-dhany muharom.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi Dhny.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB 1 Dhny.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2 Dhny.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3 Dhny.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB 4 Dhny.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB 5 Dhny.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus Dhny.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran Dhny.pdf Restricted to Repository staff only Download (955kB) |
Abstract
Metode merupakan salah satu komponen terpenting dalam proses pendidikan. kegiatan Muhadatsah shobahiyyah di MTs Pondok Pesantren Darussalam Kasumalang Subang diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berbicara, karena pada kegiatan tersebut santri diharuskan untuk berbicara bahasa asing (Arab/Inggris). Penggunaan metode pendidikan yang tepat mendukung tujuan pendidikan untuk meningkatkan prestasi akademik siswa. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui realitas penerapan kegiatan Muhadatsah shobahiyyah dan dampaknya terhadap kemampuan berbicara. Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa Muhadatsah shobahiyah disinyalir menjadi faktor penting meningkatnya kemampuan berbicara santri. Muhadatsah shobahiyhah merupakan program bahasa yang rutin dilaksanakan untuk memotivasi atau melatih siswa agar terbiasa menggunakan dan memahami struktur bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode kegiatan Muhadatsah shobahiyyah, mengetahui penerapan keterampilan berbicara, serta untuk mengetahui pengaruh kegiatan Muhadatsah shobahiyhah terhadap keterampilan berbicara untuk siswa kelas tujuh di MTs PP Darussalam Kasumalang Subang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif korelasi. Penelitian yang dipilih oleh peneliti bersifat kuantitatif. Sampel penelitianya 30 siswa kelas tujuh di MTs PP Darussalam Kasumalang Subang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk variabel X dan tes lisan untuk variabel y, kemudian menganalisisnya secara statistik menggunakan program Statistics SPSS IBM 27. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh kegiatan Muhadatsah shobahiyyah terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VII di MTs PP Darussalam Kasomalang Subang sebesar 0,450, dibuktikan dengan nilai korelasi “R” yang berada di antara 0,41 - 0,60 dalam kriteria interpretasi. Oleh karena itu, korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah “cukup”. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak, yang berarti bahwa ada pengaruh kegiatan Muhadatsah shobahiyyah terhadap keterampilan berbicara sebanyak 20%, serta terdapat 80% faktor lain yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam berbicara.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahasa arab; keterampilan berbicara; muhadatsah shobahiyah |
Subjects: | Bahasa Arab Islam Education, Research of Language, Related Topics of Language |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Dhany Muharom Albandaniji |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 02:53 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 04:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |