Pengembangan media interaktif berbasis Augmented Reality pada materi sistem respirasi manusia

Rohima, Lulu (2025) Pengembangan media interaktif berbasis Augmented Reality pada materi sistem respirasi manusia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (40kB)
[img] Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-LULU ROHIMAH (2).pdf

Download (254kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (22kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (521kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan terjadi di MI Muslimin kelas V saat ini disebabkan karena kurang tersedianya alat peraga pada sistem respirasi manusia, karena sistem respirasi memerlukan visualisasi yang jelas untuk dapat dipahami dengan baik. Di sisi lain, mayoritas peserta didik kelas V memiliki perangkat seperti smartphone yang sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain awal media interaktif berbasis Augmented Reality yang dikembangkan pada materi sistem respirasi manusia dalam mata pelajaran IPA, untuk mengetahui hasil uji validitas media interaktif berbasis Augmented Reality sebagai media pembelajaran materi sistem respirasi manusia dalam mata pelajaran IPA,untuk mengetahui desain akhir media interaktif berbasis Augmented Reality yang dikembangkan pada materi sistem respirasi manusia dalam mata pelajaran IPA dan untuk mengetahui bagaimana implementasi media interaktif berbasis Augmented Reality sebagai media pembelajaran materi sistem respirasi manusia dalam mata Pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development atau R&D merupakan pengembangan untuk menerapkan pengetahuan tersebut dalam menciptakan produk atau proses baru yang mengacu pada model ADDIE dengan Langkah Langkah yaitu analisis, desain, pengembangan, hasil dan evaluasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah desain awal media pembelajaran Augmented Reality memerlukan beberapa aplikasi dan website khusus seperti Assemblr Edu, Canva, Google kamera. Hasil validasi ahli materi mencapai 4,4 dengan kategori layak dan validasi ahli media mencapai 4,0 dengan kategori baik, validasi ahli media oleh guru IPA mencapai 4,3 dan validasi materi oleh guru IPA mencapai 4,25. Sedangkan hasil dari uji coba kelompok kecil sebanyak lima peserta didik mendapat hasil 94% dengan kategori sangat baik dan hasil uji coba kelompok besar oleh 17 peserta didik mendapat hasil 90,5% dengan kategori sangat baik. Pelaksanaan implementasi media interaktif berbasis Augmented Reality mendapatkan hasil yang menyatakan bahwa media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran IPA di kelas V yaitu pada kategori baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif;Augmented Reality
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lulu Rohimah -
Date Deposited: 11 Jun 2025 02:07
Last Modified: 12 Jun 2025 02:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108813

Actions (login required)

View Item View Item