Pengaruh Live Streaming dan ulasan produk terhadap keputusan pembelian pada E-Commerce Shopee: Pada mahasiswa angkatan 2021 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Azzahra, Salsabila (2025) Pengaruh Live Streaming dan ulasan produk terhadap keputusan pembelian pada E-Commerce Shopee: Pada mahasiswa angkatan 2021 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BEBAS PLAGIARISM)
lembar pernyataan tidak plagiat.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong perubahan perilaku konsumen, termasuk dalam kegiatan berbelanja dari offline ke online. E-commerce seperti Shopee memanfaatkan fitur-fitur digital seperti live streaming dan ulasan produk sebagai strategi pemasaran untuk menarik perhatian konsumen. fitur-fitur ini menjadi acuan penting dalam pengambilan keputusan pembelian, khususnya di kalangan konsumen muda seperti mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh live streaming terhadap keputusan pembelian, pengaruh ulasan produk terhadap keputusan pembelian, serta pengaruh live streaming dan ulasan produk secara simultan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2021 UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebanyak 6.581 orang. Sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin sebanyak 99 responden dengan teknik proportionate cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, live streaming (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai thitung 2,800 > ttabel 1,985 dan signifikansi 0,006 < 0,05. Ulasan produk (X2) juga berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung 8,353 > ttabel 1,985 dan signifikansi < 0,001 < 0,05. Secara simultan, live streaming dan ulasan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung 155,785 > Ftabel 3,09 dan signifikansi kurang dari 0,001 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Live Streaming; Ulasan Produk; Keputusan Pembelian;
Subjects: General Management > Sales Promotion
General Management > Consumer Behavior
General Management > Market Research in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Salsabila Azzahra
Date Deposited: 03 Jul 2025 01:24
Last Modified: 03 Jul 2025 01:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110834

Actions (login required)

View Item View Item