Pengaruh Herding Behaviour dan Financial Literacy terhadap minat investasi emas digital pada pengguna aplikasi Dana di Kota Bandung

Nabil Almutawakkil, Nurdiansyah (2025) Pengaruh Herding Behaviour dan Financial Literacy terhadap minat investasi emas digital pada pengguna aplikasi Dana di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Keterangan Bebas Plagiasi__Nabil Almutawakil N.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
10_lampiran (33).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari Pengaruh Herding Behaviour Dan Financial Literacy Terhadap Minat Investasi Emas Digital Pada Pengguna Aplikasi Dana Di Kota Bandung baik secara parsial maupun secara simultan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang pengambilan sampelnya menggunakan teknik non-probability sampling. Ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan pengguna aplikasi dana di Kota Bandung. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial (Uji t), secara simultan (Uji F), dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Herding Behaviour tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Investasi yang dibuktiksn dengan nilai t hitung yang yang lebih besar dari t tabel, yaitu 1.661 lebih besar dari -0.389 dan memiliki p-value (sig.) sebesar 0.698 lebih besar alpha dari 0,050, dan Financial Literacy secara parsial juga berpengaruh signifikan terhadap Minat Investasi dengan nilai t hitung sebesar 5.271 lebih besar dari 1.661 (t tabel) dan nilai p-value (sig.) sebesar 0,001 lebih kecil dari alpha 0,050. Secara simultan Herding Behaiour dan Financial Literacy terbukti berpengaruh signifikan terhadap Minat Investasi nilai F hitung 12.450 lebih besar dari 3,093 (F tabel) dan nilai signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05. Besarnya hubungan variasi variabel independen dalam menjelaskan variabel dependennya berdasarkan nilai R Square yaitu sebesar 22,8% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Herding behaviour;financial literacy;Minat investasi;Emas Digital;Konsumen;pemasaran;prilaku konsumen
Subjects: General Management > Management of Investment, Capitalization
General Management > Decision Making Management
General Management > General Publications of Marketing
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Nabil Almutawakkil N Nurdiansyah
Date Deposited: 03 Jul 2025 08:03
Last Modified: 03 Jul 2025 08:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111027

Actions (login required)

View Item View Item