Analisis peran marketing mix 4p dalam customer interest pembiayaan pensiun: Studi kasus di Bank Syariah Indonesia KCP Sumedang Tanjungsari 2

Balkis, Ai Nur (2025) Analisis peran marketing mix 4p dalam customer interest pembiayaan pensiun: Studi kasus di Bank Syariah Indonesia KCP Sumedang Tanjungsari 2. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Other (COVER)
1_cover

Download (16kB)
[img] Other (ABSTRAK)
2_abstrak

Download (114kB)
[img] Other (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism

Download (241kB)
[img] Other (DAFTAR ISI)
4_daftarisi

Download (108kB)
[img] Other (BAB I)
5_bab1

Download (273kB)
[img] Other (BAB II)
6_bab2
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Other (BAB III)
7_bab3
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Other (BAB IV)
8_bab4
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Other (BAB V)
9_bab5
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Other (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Other (LAMPIRAN)
11_lampiran
Restricted to Repository staff only

Download (962kB) | Request a copy

Abstract

Perbankan syariah di Indonesia terus berkembang seiring meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap prinsip-prinsip keuangan yang sesuai dengansyariah. Salah satu produk yang semakin diminati adalah pembiayaan pensiun, yang menawarkan solusi finansial bagi nasabah dalam mempersiapkan masa tua.Bank Syariah Indonesia KCP Sumedang Tanjungsari 2 berperan penting dalam memberikan layanan ini, namun tidak sedikit tantangan yang harus dihadapi dalam meningkatkan customer interest (minat nasabah) untuk pengambil pembiayaanpensiun di Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Marketing Mix 4P yangmeliputi product (produk), price (harga), place (lokasi/distribusi), dan promotion(promosi) dalam meningkatkan minat nasabah terhadap produk pembiayaanpensiun di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu (KCP)Sumedang Tanjungsari 2. Penelitian ini berfokus pada bagaimana implementasi masing-masing elemen marketing mix dapat memengaruhi keputusan calon nasabah untuk memilih produk pembiayaan pensiun berbasis syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi langsung di lokasi penelitian.Pendekatan kualitatif deskriptif dipilih karena sesuai untuk menggali pemahamanyang mendalam tentang fenomena yang sedang diteliti, dalam hal ini adalah peran marketing mix 4P dalam customer interest pembiayaan pensiun di Bank Syariah Indonesia KCP Sumedang Tanjungsari 2. Penelitian ini menunjukkan bahwa keempat elemen bauran pemasaran produk, harga, tempat, dan promosi telah diterapkan secara sinergis, dengan elemen produk sebagai faktor paling dominan karena kesesuaiannya dengan kebutuhan finansial dan spiritual nasabah. Produk unggulan berbasis akad syariah serta fitur inovatif seperti program pra-pensiun dan fasilitas asuransi menjadi nilai tambah utama. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Marketing Mix 4p dijalankan secara terpadu oleh BSI KCP Sumedang Tanjungsari 2. 2). Aspek produk menjadi elemen yang paling berpengaruh dalam menarik minat nasabah. Hal ini didorong oleh keunikan produk berbasis prinsip syariah dan fitur unggulan seperti pra pensiun serta kontribusi asuransi yang memberikan kemudahan dan rasa aman bagi nasabah. 3). Meskipun demikian, bank masih menghadapi beberapa tantangan. Oleh karena itu, disarankan agar BSI memperkuat edukasi digital,mengembangkan fitur inovatif, memperluas kolaborasi lintas sektor, meningkatkan kapasitas tim pemasaran, dan melakukan survei kepuasan nasabah secara berkala untuk menjaga relevansi dan daya saing produk di segmen pembiayaan pensiun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: marketing mix 4p; customer interest; Pembiayaan Pensiun
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Banks
General Management > Marketing Distribution
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ai Nur Balkis
Date Deposited: 04 Jul 2025 02:37
Last Modified: 04 Jul 2025 02:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111128

Actions (login required)

View Item View Item