Panjaitan, Nabila Qinthara Putri (2025) Pengaruh leverage dan pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (408kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perusahaan umumnya didirikan untuk memaksimalkan profitabilitas demi kelangsungan hidup dan ekspansi pasar. Penjualan menjadi indikator utama profitabilitas, sementara leverage dapat meningkatkan modal dan potensi keuntungan. Belakangan ini, kesadaran masyarakat akan perawatan diri mendorong pertumbuhan industri kecantikan. Namun, PT MBTO mengalami penurunan penjualan akibat ketidakmampuan memenuhi permintaan pasar dan menjaga arus kas, serta kesulitan membayar utang kepada supplier. Kondisi ini menunjukkan bahwa penjualan dan utang memengaruhi aset perusahaan, menjadikan industri ini menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage, dan pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas perusahaan sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga. Leverage diukur dengan Debt to Asset Ratio (DAR) sedangkan pertumbuhan penjualan diukur dengan Sales Growth, serta profitabilitas menggunakan Return On Asset (ROA). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data yang didapatkan melalui situs resmi www.idx.co.id. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan mempertimbangkan ukuran dan beberapa kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan metode tersebut didapatkan sebanyak 6 sampel dari 11 perusahaan sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2019-2023. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan program Eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage yang diukur dengan Debt to Asset Ratio (DAR) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas dengan nilai thitung sebesar -0,447823 < nilai ttabel. sebesar 2,05183 dan nilai probability sebesar 0,6579 yang melebihi tingkat signifikansi 0,05, serta pertumbuhan penjualan yang diukur dengan Sales Growth berpengaruh positif terhadap profitabilitas dengan nilai
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Leverage; Pertumbuhan Penjualan; Profitabilitas |
Subjects: | General Management > Financial Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Nabila Qinthara Putri Panjaitan |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 02:31 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 02:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111790 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |