Pengaruh leverage dan pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2023

Panjaitan, Nabila Qinthara Putri (2025) Pengaruh leverage dan pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan umumnya didirikan untuk memaksimalkan profitabilitas demi kelangsungan hidup dan ekspansi pasar. Penjualan menjadi indikator utama profitabilitas, sementara leverage dapat meningkatkan modal dan potensi keuntungan. Belakangan ini, kesadaran masyarakat akan perawatan diri mendorong pertumbuhan industri kecantikan. Namun, PT MBTO mengalami penurunan penjualan akibat ketidakmampuan memenuhi permintaan pasar dan menjaga arus kas, serta kesulitan membayar utang kepada supplier. Kondisi ini menunjukkan bahwa penjualan dan utang memengaruhi aset perusahaan, menjadikan industri ini menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage, dan pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas perusahaan sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga. Leverage diukur dengan Debt to Asset Ratio (DAR) sedangkan pertumbuhan penjualan diukur dengan Sales Growth, serta profitabilitas menggunakan Return On Asset (ROA). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data yang didapatkan melalui situs resmi www.idx.co.id. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan mempertimbangkan ukuran dan beberapa kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan metode tersebut didapatkan sebanyak 6 sampel dari 11 perusahaan sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2019-2023. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan program Eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage yang diukur dengan Debt to Asset Ratio (DAR) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas dengan nilai thitung sebesar -0,447823 < nilai ttabel. sebesar 2,05183 dan nilai probability sebesar 0,6579 yang melebihi tingkat signifikansi 0,05, serta pertumbuhan penjualan yang diukur dengan Sales Growth berpengaruh positif terhadap profitabilitas dengan nilai

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Leverage; Pertumbuhan Penjualan; Profitabilitas
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Nabila Qinthara Putri Panjaitan
Date Deposited: 10 Jul 2025 02:31
Last Modified: 10 Jul 2025 02:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111790

Actions (login required)

View Item View Item