Analisis soal HOTS (High Order Thinking Skill) pada buku teks PAIBP kelas VIII Kurikulum Merdeka: Penelitian pada siswa kelas VIII SMPN 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung

Sopandi, Alif Raihan Fauzan (2025) Analisis soal HOTS (High Order Thinking Skill) pada buku teks PAIBP kelas VIII Kurikulum Merdeka: Penelitian pada siswa kelas VIII SMPN 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
10-daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan peradaban manusia abad ke 21 yang memengaruhi segala jenis aspek termasuk di dalamnya kecepatan pertukaran informasi yang berdampak pada pola pikir manusia. Kemampuan berpikir notabene nya didapat dalam pendidikan di sekolah. Namun pada kenyataannya sering kali siswa sekolah saat ini kesulitan untuk menjawab persoalan yang membutuhkan proses berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku paket yang dipakai dalam kurikulum saat ini dengan meninjau soal-soal yang terkandung di dalam buku paket PAIBP kelas VIII Kurikulum Merdeka. Serta dampak atau implikasi yang dihasilkan oleh soal-soal tersebut terhadap kognitif atau daya nalar siswa. Kerangka berpikir dalam penelitian ini dibangun atas dasar langkah-langkah dalam menganalisis soal-soal yang ada. Kemudian kompilasi soal-soal tersebut diujikan kembali kepada siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang diinginkan. Soal yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini ialah soal HOTS. HOTS atau High Order Thinking Skill adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang termasuk ke dalam level kognitif C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (menciptakan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Teknik penelitian yang dilakukan penelitian ini adalah content analysis yang berfokus pada soal-soal yang termuat dalam buku paket PAIBP kelas VIII Kurikulum Merdeka. Setelah menganalisis konten peneliti melanjutkan penelitian dengan mengujikan soal-soal yang telah ditemukan untuk menemukan hasil belajar kognitif yang diinginkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal yang terkandung dalam buku paket PAIBP kelas VIII Kurikulum Merdeka berjumlah 150 butir soal dengan klasifikasi 51 soal tipe LOTS, 64 soal tipe MOTS, dan 35 soal tipe HOTS. Melihat dari jumlah soal, soal HOTS memiliki kekurangan sebanyak 13 butir soal untuk memenuhi kriteria 31% dari total soal yang ada. Soal-soal yang ditemukan bertipe Pilihan Ganda dan isian/esai. Setelah diujikan pada siswa, diperoleh hasil belajar sebanyak 53% yang dapat menjawab soal dengan sesuai dan 47% sisanya tidak dapat memberikan jawaban yang sesuai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Soal; HOTS; Daya Nalar; Hasil Belajar
Subjects: Islam > Islam and Secular Disciplines
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: alif raihan fauzan sopandi
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:06
Last Modified: 14 Jul 2025 03:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112177

Actions (login required)

View Item View Item