Sopandi, Alif Raihan Fauzan (2025) Analisis soal HOTS (High Order Thinking Skill) pada buku teks PAIBP kelas VIII Kurikulum Merdeka: Penelitian pada siswa kelas VIII SMPN 1 Solokanjeruk Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (424kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10-daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan peradaban manusia abad ke 21 yang memengaruhi segala jenis aspek termasuk di dalamnya kecepatan pertukaran informasi yang berdampak pada pola pikir manusia. Kemampuan berpikir notabene nya didapat dalam pendidikan di sekolah. Namun pada kenyataannya sering kali siswa sekolah saat ini kesulitan untuk menjawab persoalan yang membutuhkan proses berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku paket yang dipakai dalam kurikulum saat ini dengan meninjau soal-soal yang terkandung di dalam buku paket PAIBP kelas VIII Kurikulum Merdeka. Serta dampak atau implikasi yang dihasilkan oleh soal-soal tersebut terhadap kognitif atau daya nalar siswa. Kerangka berpikir dalam penelitian ini dibangun atas dasar langkah-langkah dalam menganalisis soal-soal yang ada. Kemudian kompilasi soal-soal tersebut diujikan kembali kepada siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang diinginkan. Soal yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini ialah soal HOTS. HOTS atau High Order Thinking Skill adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang termasuk ke dalam level kognitif C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (menciptakan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Teknik penelitian yang dilakukan penelitian ini adalah content analysis yang berfokus pada soal-soal yang termuat dalam buku paket PAIBP kelas VIII Kurikulum Merdeka. Setelah menganalisis konten peneliti melanjutkan penelitian dengan mengujikan soal-soal yang telah ditemukan untuk menemukan hasil belajar kognitif yang diinginkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal yang terkandung dalam buku paket PAIBP kelas VIII Kurikulum Merdeka berjumlah 150 butir soal dengan klasifikasi 51 soal tipe LOTS, 64 soal tipe MOTS, dan 35 soal tipe HOTS. Melihat dari jumlah soal, soal HOTS memiliki kekurangan sebanyak 13 butir soal untuk memenuhi kriteria 31% dari total soal yang ada. Soal-soal yang ditemukan bertipe Pilihan Ganda dan isian/esai. Setelah diujikan pada siswa, diperoleh hasil belajar sebanyak 53% yang dapat menjawab soal dengan sesuai dan 47% sisanya tidak dapat memberikan jawaban yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Soal; HOTS; Daya Nalar; Hasil Belajar |
Subjects: | Islam > Islam and Secular Disciplines Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Analysis, Theory of Functions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | alif raihan fauzan sopandi |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:06 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112177 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |