Widiarti, Wiwit (2025) Konseling Behavioral dalam meningkatkan disiplin waktu masuk sekolah: Penelitian pada siswa MTs Ar-Rosyidiyah, Cibiru, Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (340kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pelanggaran tata tertib siswa, khususnya dalam keterlambatan masuk sekolah, yang merupakan masalah umum di sekolah Indonesia. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai perilaku patologis pada siswa, yakni terlambat masuk sekolah dan peningkatan perilaku disiplin waktu masuk sekolah pada siswa dengan menggunakan konseling Behavioral teknik reinforcement (penguatan) berupa reward (penghargaan) dan punishment (hukuman). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan konseling Behavioral dan hasil dari pelaksanaan konseling Behavioral dengan teknik reinforcement (penguatan) berupa reward dan punishment dalam meningkatkan disiplin waktu masuk sekolah pada siswa di MTs Ar-Rosyidiyah, Cibiru, Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik ini digunakan peneliti untuk mendeskripsikan sesuai adanya mengenai konseling behavioral dalam meningkatkan disiplin waktu masuk sekolah siswa di MTs Ar-Rosyidiyah. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori Behavioral yang dikemukakan oleh B. F. Skinner yang bertujuan untuk mencapai tingkah laku baru yang sesuai (adaptif), menghilangkan tingkah laku yang tidak sesuai (maladaptif) serta memperkuat dan menjaga tingkah laku yang dinginkan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan positif pada perilaku siswa, yakni menurunnya frekuensi keterlambatan siswa serta meningkatnya kesadaran mereka akan pentingnya kedisiplinan yang bukan hanya sekedar kewajiban sekolah, tetapi juga merupakan bagian dari pembentukan karakter dan tanggung jawab pribadi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Behavioral; Disiplin Waktu; Siswa. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline General Management > Consumer Behavior |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Wiwit Widiarti |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:08 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 02:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112793 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |