Auliarahmah, Resma Ali (2025) Penerapan model pembelajaran Talking Stick melalui media Sporcle untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self confidence siswa. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTAR ISI.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_BAB 1.pdf Download (285kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (941kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Talking stick yang dipadukan dengan media Sporcle dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self confidence siswa pada materi relasi dan fungsi. Masalah utama yang diangkat adalah rendahnya pemahaman konsep matematis dan tingkat kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas VIII SMP, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model Talking stick melalui Sporcle, dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian mencakup tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket self confidence. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada kelas eksperimen lebih signifikan dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, siswa pada kelas eksperimen juga menunjukkan tingkat self confidence yang lebih tinggi setelah mengikuti pembelajaran. Dengan demikian, penerapan model talking stick melalui media Sporcle terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis dan self confidence siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Talking stick; Self Confidence |
Subjects: | Adult Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Resma Ali Auliarahmah |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:02 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |