Penerapan model pembelajaran Talking Stick melalui media Sporcle untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self confidence siswa

Auliarahmah, Resma Ali (2025) Penerapan model pembelajaran Talking Stick melalui media Sporcle untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self confidence siswa. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB 1.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[img] Text (BAB III)
7_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text (BAB IV)
8_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Talking stick yang dipadukan dengan media Sporcle dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self confidence siswa pada materi relasi dan fungsi. Masalah utama yang diangkat adalah rendahnya pemahaman konsep matematis dan tingkat kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas VIII SMP, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model Talking stick melalui Sporcle, dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian mencakup tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket self confidence. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada kelas eksperimen lebih signifikan dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, siswa pada kelas eksperimen juga menunjukkan tingkat self confidence yang lebih tinggi setelah mengikuti pembelajaran. Dengan demikian, penerapan model talking stick melalui media Sporcle terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis dan self confidence siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Talking stick; Self Confidence
Subjects: Adult Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Resma Ali Auliarahmah
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:02
Last Modified: 11 Aug 2025 03:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113596

Actions (login required)

View Item View Item