Penerapan pendekatan Anchored Instruction terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa Madrasah Aliyah pada materi lingkaran

Octaviani, Devira (2025) Penerapan pendekatan Anchored Instruction terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa Madrasah Aliyah pada materi lingkaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftar isi.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab 1.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan memahami konsep matematika merupakan salah satu aspek krusial dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen yang mengkaji penerapan pendekatan anchored instruction terhadap pemahaman matematis siswa, dengan melibatkan siswa kelas XI di MA Arrosyidiyah, Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan pendekatan anchored instruction serta membandingkan hasil belajar siswa yang belajar dengan pendekatan tersebut dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian terdiri atas tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman matematis siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan pendekatan anchored instruction lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan anchored instruction efektif dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa dan berpotensi menjadi alternatif strategi pembelajaran dalam mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran Anchored Instruction; Kemampuan Pemahaman Matematis; lingkaran
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Mathematics
Algebra > Rings
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Devira Octaviani
Date Deposited: 04 Aug 2025 01:45
Last Modified: 04 Aug 2025 01:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113965

Actions (login required)

View Item View Item