Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan peserta didik dalam memilih sekolah: Penelitian di SMPIT Al Irsyad Bandung

Siregar, Lia Amalia (2025) Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan peserta didik dalam memilih sekolah: Penelitian di SMPIT Al Irsyad Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam era persaingan ketat dunia pendidikan, setiap sekolah dituntut memiliki strategi pemasaran yang efektif guna menarik minat calon peserta didik. Salah satu pendekatan yang digunakan adalah bauran pemasaran pendidikan (7p), meliputi product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidance. SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Bandung merupakan sekolah berbasis Islam terpadu yang mampu mencapai kuota pendaftar tanpa promosi besar-besaran. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui pelaksanaan bauran pemasaran, untuk mengetahui keputusan peserta didik dalam memilih sekolah, serta untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan peserta didik dalam menentukan pilihan bersekolah di SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Bandung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode kausal-komparatif (ex post facto). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan studi dokumentasi, dengan jumlah responden sebanyak 73 siswa. Analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas, analisis parsial per indikator, uji normalitas, uji linearitas, regresi linear sederhana, uji-t, serta koefisien determinasi, yang seluruhnya diolah menggunakan perangkat lunak SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor bauran pemasaran adalah 3,65, yang termasuk kategori tinggi. Sementara itu, rata-rata skor keputusan peserta didik dalam memilih sekolah adalah 3,56, juga berada pada kategori tinggi. Hasil uji-t menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara bauran pemasaran terhadap keputusan peserta didik dalam memilih sekolah. Selain itu, nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,467 menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran memberikan kontribusi sebesar 46,7% terhadap pengambilan keputusan peserta didik, sementara sisanya sebesar 53,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran; Peserta Didik; Pendidikan; Sekolah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
General Management > Education an, of Marketing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lia Amalia Siregar
Date Deposited: 05 Aug 2025 03:11
Last Modified: 05 Aug 2025 03:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114062

Actions (login required)

View Item View Item