Pengaruh Economic Value Added dan Market Value Added terhadap Return Saham pada perusahaan sektor Food And Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2023

Farhan, Aria Dzaky (2025) Pengaruh Economic Value Added dan Market Value Added terhadap Return Saham pada perusahaan sektor Food And Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BEBAS PLAGIASI)
3_bebasplagiasi.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftarisi.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_Bab1.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text (BAB III)
7_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (BAB IV)
8_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text (BAB V)
9_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Economic Value Added dan Market Value Added merupakan dua indikator keuangan yang digunakan untuk mengukur kinerja dan nilai tambah yang diciptakan oleh perusahaan bagi para pemegang saham. kedua ukuran ini berkaitan erat dengan teori sinyal, yang menyatakan bahwa perusahaan dapat memberikan sinyal kepada pasar melalui kebijakan keuangan atau pencapaian kinerja tertentu. Dalam hal ini, nilai Economic Value Added dan Market Value Added yang tinggi dapat menjadi sinyal positif bagi investor bahwa perusahaan dikelola secara efisien dan memiliki prospek pertumbuhan yang menjanjikan, sehingga dapat memengaruhi keputusan investasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Economic Value Added dan Market Value Added terhadap Return Saham, baik secara parsial maupun simultan, pada perusahaan sektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2014–2023. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan jenis data yang dianalisis berupa data sekunder berbentuk data panel, yang diperoleh dari laporan keuangan tiga perusahaan, yaitu Mayora Indah Tbk, Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk, dan Indofood Sukses Makmur Tbk. Proses analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak statistik EViews 13 untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa Economic Value Added dan Market Value Added tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return Saham pada perusahaan sektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2014–2023. Koefisien determinasi dari Economic Value Added 5,4% dan Market Value Added 3%, yang menunjukan kontribusi masing-masing variabel terhadap Return Saham adalah 0,054 dan 0,03. Bukan hanya secara parsial, secara simultan semua indikasi variabel juga tidak berpengaruh signifikan. Economic Value Add dan Market Value Added memberikan kontribusi 5,47%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Economic Value Added; Market Value Added; Return Saham
Subjects: Econmics
Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Dzaky Aria Farhan
Date Deposited: 08 Sep 2025 01:34
Last Modified: 08 Sep 2025 01:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117668

Actions (login required)

View Item View Item