Minardi, Aisyah Fitriana (2025) Penerapan model Children Learning In Science (CLIS) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa: Penelitian quasi eksperimen di kelas X MA Ar-Rosyidiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarsm.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (474kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih perlu ditingkatkan, salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Design. Penelitian ini diselenggarakan di salah satu sekolah di Bandung pada tahun ajaran 2024/2025 dengan mengambil dua kelas sebagai sampel. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (a) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (b) Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdasarkan PAM dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. (c) Respon siswa terhadap pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) menunjukkan sikap positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Children Learning In Science (CLIS) |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Aisyah Minardi |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 07:13 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 07:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119404 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |