Hubungan antara pengelolaan transformasi digital Education Management Information System (EMIS) dengan kualitas pengelolaan data pendidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut

Nurohimah, Salwa (2025) Hubungan antara pengelolaan transformasi digital Education Management Information System (EMIS) dengan kualitas pengelolaan data pendidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Transformasi digital melalui implementasi Education Management Information System (EMIS) merupakan langkah strategis dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan data pendidikan. Namun, pada pelaksanaannya masih menghadapi kendala seperti keterbatasan infrastruktur, gangguan sistem, serta rendahnya literasi digital. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) pengelolaan transformasi digital EMIS di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut, (2) kualitas pengelolaan data pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut, (3) hubungan antara pengelolaan transformasi digital EMIS dengan kualitas pengelolaan data pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 177 responden pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner berbasis skala Likert dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 27 melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis deskriptif, uji korelasi Pearson, dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan transformasi digital EMIS berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 3,36, (2) Kualitas pengelolaan data pendidikan berada dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,40, (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedua variabel, dengan nilai t-hitung 3,901 > 1,986 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Nilai koefisien regresi sebesar 0,524 menunjukkan bahwa setiap peningkatan satuan dalam pengelolaan EMIS akan meningkatkan kualitas pengelolaan data pendidikan. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 9,459 + 0,524X, dan nilai R² = 0,367, yang berarti peTransformasi digital melalui implementasi Education Management Information System (EMIS) merupakan langkah strategis dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan data pendidikan. Namun, pada pelaksanaannya masih menghadapi kendala seperti keterbatasan infrastruktur, gangguan sistem, serta rendahnya literasi digital. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) pengelolaan transformasi digital EMIS di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut, (2) kualitas pengelolaan data pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut, (3) hubungan antara pengelolaan transformasi digital EMIS dengan kualitas pengelolaan data pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 177 responden pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner berbasis skala Likert dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 27 melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis deskriptif, uji korelasi Pearson, dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan transformasi digital EMIS berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 3,36, (2) Kualitas pengelolaan data pendidikan berada dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,40, (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedua variabel, dengan nilai t-hitung 3,901 > 1,986 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Nilai koefisien regresi sebesar 0,524 menunjukkan bahwa setiap peningkatan satuan dalam pengelolaan EMIS akan meningkatkan kualitas pengelolaan data pendidikan. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 9,459 + 0,524X, dan nilai R² = 0,367, yang berarti pengelolaan transformasi digital EMIS memberikan kontribusi sebesar 36,7% terhadap kualitas pengelolaan data pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan bagi guru, tenaga kependidikan serta Kementerian Agama Kabupaten Garut agar pengelolaan transformasi digital EMIS ditingkatkan melalui pelatihan literasi digital, bantuan teknis berkelanjutan, dan integrasi sistem yang lebih optimal untuk mendukung kualitas pengelolaan data pendidikan di madrasah. ngelolaan transformasi digital EMIS memberikan kontribusi sebesar 36,7% terhadap kualitas pengelolaan data pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan bagi guru, tenaga kependidikan serta Kementerian Agama Kabupaten Garut agar pengelolaan transformasi digital EMIS ditingkatkan melalui pelatihan literasi digital, bantuan teknis berkelanjutan, dan integrasi sistem yang lebih optimal untuk mendukung kualitas pengelolaan data pendidikan di madrasah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Transformasi Digital EMIS; Kualitas Pengelolaan Data Pendidikan
Subjects: General Management > Organizations
General Management > Personnel Management
General Management > Decision Making Management
General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Salwa Nurohimah
Date Deposited: 17 Sep 2025 06:49
Last Modified: 17 Sep 2025 06:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120103

Actions (login required)

View Item View Item