Nurohimah, Salwa (2025) Hubungan antara pengelolaan transformasi digital Education Management Information System (EMIS) dengan kualitas pengelolaan data pendidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (321kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Transformasi digital melalui implementasi Education Management Information System (EMIS) merupakan langkah strategis dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan data pendidikan. Namun, pada pelaksanaannya masih menghadapi kendala seperti keterbatasan infrastruktur, gangguan sistem, serta rendahnya literasi digital. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) pengelolaan transformasi digital EMIS di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut, (2) kualitas pengelolaan data pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut, (3) hubungan antara pengelolaan transformasi digital EMIS dengan kualitas pengelolaan data pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 177 responden pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner berbasis skala Likert dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 27 melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis deskriptif, uji korelasi Pearson, dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan transformasi digital EMIS berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 3,36, (2) Kualitas pengelolaan data pendidikan berada dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,40, (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedua variabel, dengan nilai t-hitung 3,901 > 1,986 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Nilai koefisien regresi sebesar 0,524 menunjukkan bahwa setiap peningkatan satuan dalam pengelolaan EMIS akan meningkatkan kualitas pengelolaan data pendidikan. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 9,459 + 0,524X, dan nilai R² = 0,367, yang berarti peTransformasi digital melalui implementasi Education Management Information System (EMIS) merupakan langkah strategis dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan data pendidikan. Namun, pada pelaksanaannya masih menghadapi kendala seperti keterbatasan infrastruktur, gangguan sistem, serta rendahnya literasi digital. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) pengelolaan transformasi digital EMIS di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut, (2) kualitas pengelolaan data pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut, (3) hubungan antara pengelolaan transformasi digital EMIS dengan kualitas pengelolaan data pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 177 responden pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner berbasis skala Likert dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 27 melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis deskriptif, uji korelasi Pearson, dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan transformasi digital EMIS berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 3,36, (2) Kualitas pengelolaan data pendidikan berada dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,40, (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedua variabel, dengan nilai t-hitung 3,901 > 1,986 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Nilai koefisien regresi sebesar 0,524 menunjukkan bahwa setiap peningkatan satuan dalam pengelolaan EMIS akan meningkatkan kualitas pengelolaan data pendidikan. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 9,459 + 0,524X, dan nilai R² = 0,367, yang berarti pengelolaan transformasi digital EMIS memberikan kontribusi sebesar 36,7% terhadap kualitas pengelolaan data pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan bagi guru, tenaga kependidikan serta Kementerian Agama Kabupaten Garut agar pengelolaan transformasi digital EMIS ditingkatkan melalui pelatihan literasi digital, bantuan teknis berkelanjutan, dan integrasi sistem yang lebih optimal untuk mendukung kualitas pengelolaan data pendidikan di madrasah. ngelolaan transformasi digital EMIS memberikan kontribusi sebesar 36,7% terhadap kualitas pengelolaan data pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan bagi guru, tenaga kependidikan serta Kementerian Agama Kabupaten Garut agar pengelolaan transformasi digital EMIS ditingkatkan melalui pelatihan literasi digital, bantuan teknis berkelanjutan, dan integrasi sistem yang lebih optimal untuk mendukung kualitas pengelolaan data pendidikan di madrasah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Transformasi Digital EMIS; Kualitas Pengelolaan Data Pendidikan |
Subjects: | General Management > Organizations General Management > Personnel Management General Management > Decision Making Management General Management > Information Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Salwa Nurohimah |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 06:49 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 06:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |