Strategi Corporate Branding PT. Sambal Bakar Indonesia melalui S.O.P. pelayanan pelanggan

Siroj, Sabrina Balqis (2025) Strategi Corporate Branding PT. Sambal Bakar Indonesia melalui S.O.P. pelayanan pelanggan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
SK BEBAS PLAGIARISME.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi corporate branding PT. Sambal Bakar Indonesia (SBI) melalui implementasi Standard Operating Procedure (SOP) pelayanan pelanggan. SBI, sebagai perusahaan kuliner yang mengusung makanan khas Indonesia, menjadikan SOP pelayanan pelanggan sebagai strategi utama dalam membentuk identitas merek yang kuat dan meyakinkan. Tujuan penelitian ini terletak pada proses strategis dalam pembentukan visi, penerapan budaya organisasi, serta pembentukan citra perusahaan melalui aspek pelayanan. Metode yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara mendalam dengan manajer, karyawan, serta pelanggan di cabang Dakota, Bandung. Penelitian ini berpijak pada paradigma konstruktivisme, untuk memahami bagaimana individu memaknai pengalaman mereka melalui pelayanan SBI. Analisis dilakukan dengan menarik kesimpulan untuk mengungkap makna yang muncul dari temuan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visi strategis SBI, yaitu menjadi restoran terdepan penyaji makanan Indonesia berkualitas dengan pengalaman kuliner yang berkesan, diwujudkan melalui SOP yang dirancang untuk mendukung budaya kerja keras, kejujuran, dan keramahan. Budaya ini diterapkan melalui pelatihan intensif dan pengawasan yang konsisten, sehingga menciptakan lingkungan kerja profesional dan harmonis. Citra positif perusahaan dibentuk melalui kepuasan pelanggan, word of mouth, dan konsistensi pelayanan yang menjadi kekuatan utama dalam memperkuat merek perusahaan. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan SOP pelayanan pelanggan yang terstruktur dan berbasis nilai berkontribusi signifikan mengenai corporate branding SBI, membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan, serta menarik calon karyawan dan investor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Merk Perusahaan; Standar Operasional Prosedur; Visi Strategis; Budaya Organisasi; Citra Perusahaan;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Management Housekeeping > Restaurants of Indonesia
Business > Education, Research, Related Topics of Business
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Sabrina Balqis Siroj
Date Deposited: 20 Sep 2025 03:39
Last Modified: 20 Sep 2025 03:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120952

Actions (login required)

View Item View Item