Siroj, Sabrina Balqis (2025) Strategi Corporate Branding PT. Sambal Bakar Indonesia melalui S.O.P. pelayanan pelanggan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
SK BEBAS PLAGIARISME.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (460kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis strategi corporate branding PT. Sambal Bakar Indonesia (SBI) melalui implementasi Standard Operating Procedure (SOP) pelayanan pelanggan. SBI, sebagai perusahaan kuliner yang mengusung makanan khas Indonesia, menjadikan SOP pelayanan pelanggan sebagai strategi utama dalam membentuk identitas merek yang kuat dan meyakinkan. Tujuan penelitian ini terletak pada proses strategis dalam pembentukan visi, penerapan budaya organisasi, serta pembentukan citra perusahaan melalui aspek pelayanan. Metode yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara mendalam dengan manajer, karyawan, serta pelanggan di cabang Dakota, Bandung. Penelitian ini berpijak pada paradigma konstruktivisme, untuk memahami bagaimana individu memaknai pengalaman mereka melalui pelayanan SBI. Analisis dilakukan dengan menarik kesimpulan untuk mengungkap makna yang muncul dari temuan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visi strategis SBI, yaitu menjadi restoran terdepan penyaji makanan Indonesia berkualitas dengan pengalaman kuliner yang berkesan, diwujudkan melalui SOP yang dirancang untuk mendukung budaya kerja keras, kejujuran, dan keramahan. Budaya ini diterapkan melalui pelatihan intensif dan pengawasan yang konsisten, sehingga menciptakan lingkungan kerja profesional dan harmonis. Citra positif perusahaan dibentuk melalui kepuasan pelanggan, word of mouth, dan konsistensi pelayanan yang menjadi kekuatan utama dalam memperkuat merek perusahaan. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan SOP pelayanan pelanggan yang terstruktur dan berbasis nilai berkontribusi signifikan mengenai corporate branding SBI, membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan, serta menarik calon karyawan dan investor.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Merk Perusahaan; Standar Operasional Prosedur; Visi Strategis; Budaya Organisasi; Citra Perusahaan; |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Management Housekeeping > Restaurants of Indonesia Business > Education, Research, Related Topics of Business |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Sabrina Balqis Siroj |
Date Deposited: | 20 Sep 2025 03:39 |
Last Modified: | 20 Sep 2025 03:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |