Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group to Group Exchange (GGE) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPAS di Sekolah Dasar : Penelitian tindakan kelas pada fase B di SD Negeri 169 Pelita

Wulandari, Putri (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group to Group Exchange (GGE) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPAS di Sekolah Dasar : Penelitian tindakan kelas pada fase B di SD Negeri 169 Pelita. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-Putri Wulandari (1).pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (41).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SD Negeri 169 Pelita Kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group to Group Exchange (GGE) pada fase B (kelas IV) SD Negeri 169 Pelita pada setiap siklus. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencakup empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif, dan analisis data kualitatif. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I, dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari dua tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group to Group Exchange (GGE) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD Negeri 169 Pelita. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata siswa, persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa serta hasil observasi guru dan siswa. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa meningkat dari 67,11 pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 76,54 pada siklus II. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Group to Group Exchange (GGE) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD Negeri 169 Pelita pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group To Group Exchange (GGE); Hasil Belajar Kognitif; Mata Pelajaran IPAS
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putri Wulandari
Date Deposited: 21 Sep 2025 23:07
Last Modified: 22 Sep 2025 01:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121380

Actions (login required)

View Item View Item