Wulandari, Putri (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group to Group Exchange (GGE) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPAS di Sekolah Dasar : Penelitian tindakan kelas pada fase B di SD Negeri 169 Pelita. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-Putri Wulandari (1).pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (344kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (41).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SD Negeri 169 Pelita Kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group to Group Exchange (GGE) pada fase B (kelas IV) SD Negeri 169 Pelita pada setiap siklus. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencakup empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif, dan analisis data kualitatif. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I, dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari dua tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group to Group Exchange (GGE) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD Negeri 169 Pelita. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata siswa, persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa serta hasil observasi guru dan siswa. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa meningkat dari 67,11 pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 76,54 pada siklus II. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Group to Group Exchange (GGE) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD Negeri 169 Pelita pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group To Group Exchange (GGE); Hasil Belajar Kognitif; Mata Pelajaran IPAS |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Putri Wulandari |
Date Deposited: | 21 Sep 2025 23:07 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 01:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121380 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |