Pengaruh popularitas artis Alfiansyah Komeng terhadap keputusan perilaku pemilih pada Pemilu legislatif 2024 di Kabupaten Bandung

Nurhamidah, Nurhamidah (2025) Pengaruh popularitas artis Alfiansyah Komeng terhadap keputusan perilaku pemilih pada Pemilu legislatif 2024 di Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skplagiarsme.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena meningkatnya keterlibatan selebriti dalam politik Indonesia menarik perhatian publik, terutama saat seorang artis komedi seperti Alfiansyah Komeng berhasil memperoleh suara tertinggi sebagai calon anggota DPD RI pada Pemilu Legislatif 2024 di Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh popularitas Alfiansyah Komeng terhadap keputusan perilaku pemilih pada Pemilu Legislatif 2024 di Kabupaten Bandung. Penelitian ini berangkat dari dua kerangka teori, yaitu Teori Popularitas (Fuhrman & Rosa, 2018) dan Teori Perilaku Pemilih (Ambardi, 2012), yang digunakan untuk merumuskan hipotesis: H₀ menyatakan tidak ada pengaruh signifikan antara popularitas terhadap perilaku pemilih, dan H₁ menyatakan ada pengaruh signifikan antara popularitas terhadap perilaku pemilih. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Sampel penelitian berjumlah 400 responden dari total populasi 2.655.214 jiwa yang dipilih secara proporsional (acak) di 31 kecamatan Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa popularitas Komeng memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku pemilih, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung sebesar 22,081 > t tabel 1,967. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,552 menunjukkan bahwa sebesar 55,2% variasi dalam perilaku pemilih dapat dijelaskan oleh popularitas Komeng, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, H₀ ditolak dan H₁ diterima, yang berarti popularitas Komeng berpengaruh terhadap keputusan perilaku pemilih di Kabupaten Bandung pada Pemilu Legislatif 2024.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Popularitas; Artis; Perilaku Pemilih; Alfiansyah Komeng; Pemilu 2024;
Subjects: Political dan Government Science
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: nur hamidah
Date Deposited: 22 Sep 2025 06:56
Last Modified: 22 Sep 2025 06:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121508

Actions (login required)

View Item View Item