Nurhamidah, Nurhamidah (2025) Pengaruh popularitas artis Alfiansyah Komeng terhadap keputusan perilaku pemilih pada Pemilu legislatif 2024 di Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
3_skplagiarsme.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (205kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (718kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena meningkatnya keterlibatan selebriti dalam politik Indonesia menarik perhatian publik, terutama saat seorang artis komedi seperti Alfiansyah Komeng berhasil memperoleh suara tertinggi sebagai calon anggota DPD RI pada Pemilu Legislatif 2024 di Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh popularitas Alfiansyah Komeng terhadap keputusan perilaku pemilih pada Pemilu Legislatif 2024 di Kabupaten Bandung. Penelitian ini berangkat dari dua kerangka teori, yaitu Teori Popularitas (Fuhrman & Rosa, 2018) dan Teori Perilaku Pemilih (Ambardi, 2012), yang digunakan untuk merumuskan hipotesis: H₀ menyatakan tidak ada pengaruh signifikan antara popularitas terhadap perilaku pemilih, dan H₁ menyatakan ada pengaruh signifikan antara popularitas terhadap perilaku pemilih. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Sampel penelitian berjumlah 400 responden dari total populasi 2.655.214 jiwa yang dipilih secara proporsional (acak) di 31 kecamatan Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa popularitas Komeng memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku pemilih, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung sebesar 22,081 > t tabel 1,967. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,552 menunjukkan bahwa sebesar 55,2% variasi dalam perilaku pemilih dapat dijelaskan oleh popularitas Komeng, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, H₀ ditolak dan H₁ diterima, yang berarti popularitas Komeng berpengaruh terhadap keputusan perilaku pemilih di Kabupaten Bandung pada Pemilu Legislatif 2024.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Popularitas; Artis; Perilaku Pemilih; Alfiansyah Komeng; Pemilu 2024; |
Subjects: | Political dan Government Science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik |
Depositing User: | nur hamidah |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 06:56 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 06:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121508 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |