Nufus, Ayu Tazkiyatun (2025) Penerapan model pembelajaran Hypothetical Inquiry berbantuan game Wordwall Maze Chase pada materi hukum newton untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (268kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya keterampilan proses sains peserta didik menjadi fokus utama permasalahan pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dan peningkatan keterampilan proses sains setelah diterapkan model pembelajaran Hypothetical Inquiry Berbantuan Game Wordwall Maze Chase pada Materi Hukum Newton. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest dengan populasi peserta didik kelas XI MIPA MAS Islamiyah Tangerang. Sampel penelitian terdiri dari 31 peserta didik yang diambil yaitu kelas XI MIPA 1. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu perhitungan persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan AABLT with SAS, dan perhitungan peningkatan hasil keterampilan proses sains dengan N-gain dan uji hipotesis (Wilcoxon Signed Rank Test) pada lembar pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model Hypothetical Inquiry Berbantuan Game Wordwall Maze Chase memperoleh nilai rata-rata 94% dikategorikan sangat efektif. Peningkatan keterampilan proses sains pada kelas eksperimen diperoleh n-gain 72% dalam kategori tinggi. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh sebesar 0,000 lebih kecil daripada taraf signifikansi 0,005. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil keterampilan proses sains peserta didik meningkat setelah diterapkan Model Pembelajaran Hypothetical Inquiry Berbantuan Game Wordwall Maze Chase Pada Materi Hukum Newton.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Hypothetical Inquiry ; Game Wordwall Maze Chase; Hukum Newton ; Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ayu Tazkiyatun Nufus |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 03:26 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 03:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122707 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |