Penerapan model pembelajaran Hypothetical Inquiry berbantuan game Wordwall Maze Chase pada materi hukum newton untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik

Nufus, Ayu Tazkiyatun (2025) Penerapan model pembelajaran Hypothetical Inquiry berbantuan game Wordwall Maze Chase pada materi hukum newton untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya keterampilan proses sains peserta didik menjadi fokus utama permasalahan pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dan peningkatan keterampilan proses sains setelah diterapkan model pembelajaran Hypothetical Inquiry Berbantuan Game Wordwall Maze Chase pada Materi Hukum Newton. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest dengan populasi peserta didik kelas XI MIPA MAS Islamiyah Tangerang. Sampel penelitian terdiri dari 31 peserta didik yang diambil yaitu kelas XI MIPA 1. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu perhitungan persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan AABLT with SAS, dan perhitungan peningkatan hasil keterampilan proses sains dengan N-gain dan uji hipotesis (Wilcoxon Signed Rank Test) pada lembar pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model Hypothetical Inquiry Berbantuan Game Wordwall Maze Chase memperoleh nilai rata-rata 94% dikategorikan sangat efektif. Peningkatan keterampilan proses sains pada kelas eksperimen diperoleh n-gain 72% dalam kategori tinggi. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh sebesar 0,000 lebih kecil daripada taraf signifikansi 0,005. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil keterampilan proses sains peserta didik meningkat setelah diterapkan Model Pembelajaran Hypothetical Inquiry Berbantuan Game Wordwall Maze Chase Pada Materi Hukum Newton.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Hypothetical Inquiry ; Game Wordwall Maze Chase; Hukum Newton ; Keterampilan Proses Sains
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ayu Tazkiyatun Nufus
Date Deposited: 06 Oct 2025 03:26
Last Modified: 06 Oct 2025 03:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122707

Actions (login required)

View Item View Item