Najuba, Hilyatun (2025) Pengaruh penerapan pembelajaran berbasis STEAM terhadap berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi pada siswa SMA. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
Surat plagiarism (1).pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (401kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
Abstract
Era Revolusi Industri 4.0 menuntut sistem pendidikan mampu menghasilkan lulusan yang tidak hanya menguasai pengetahuan, tetapi juga memiliki kompetensi berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan kolaborasi yang tinggi. Salah satu pendekatan yang dianggap efektif untuk mengembangkan kompetensi tersebut adalah pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran berbasis STEAM terhadap kompetensi siswa, khususnya kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi di SMA pada era 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Instrumen penelitian berupa angket yang telah divalidasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linear sederhana untuk masing-masing variabel kompetensi. Analisis juga dilakukan untuk melihat pengaruh signifikan antara penerapan STEAM dan peningkatan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, serta kolaborasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis STEAM memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi siswa. Khususnya, kemampuan berpikir kritis meningkat melalui kegiatan analisis masalah dan pengambilan keputusan berbasis proyek, kreativitas siswa berkembang melalui desain dan inovasi dalam eksperimen, dan kemampuan kolaborasi meningkat melalui kerja kelompok yang terpandu. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi STEAM dalam proses pembelajaran bukan hanya meningkatkan kompetensi akademik, tetapi juga mempersiapkan siswa menghadapi tantangan sosial dan teknologi di era digital. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru perlu menerapkan strategi STEAM secara sistematis dan berkesinambungan, serta sekolah perlu menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung. Dengan demikian, pembelajaran berbasis STEAM dapat menjadi salah satu solusi dalam mempersiapkan generasi yang kompeten dan adaptif pada era 4.0.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STEAM: berpikir kritis: kreativitas: kolaborasi |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Hilyatun Najuba |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 04:10 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 04:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123292 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |